Mohon tunggu...
Restu AlThoriq
Restu AlThoriq Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Kesuksesan diraih dengan belajar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kategori Arti Filsafat Ilmu Pengetahuan

28 November 2022   14:41 Diperbarui: 28 November 2022   14:47 110
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

ARTI FILSAFAT ILMU 

PENGETAHUAN 

Filsafat ilmu adalah cabang filsafat yang mempelajari dan mempertanyakan secara sistematis mengenai hakikat pengetahuan ilmu yang berhubungan dalam masalah-masalah filosofis dan fundamental yang terdapat pada ilmu untuk mencapai pengetahuan yang ilmiah dan bersifat universal.

Pasti kita bertanya-tanya  " apa si fungsi filsafat bagi ilmu pengetahuan?",dan "apa hubungan antara filsafat dan ilmu pengetahuan?".

Nah berikut fungsi dan perbedaan filsafat dengan ilmu pengetahuan:

Fungsi filsafat bagi ilmu pengetahuan

Filsafat ilmu membantu agar seseorang dapat membedakan persoalan yang ilmiah dengan yang tidak ilmiah. Filsafat ilmu memberikan landasan historis-filosofis bagi setiap kajian disiplin ilmu yang dipelajari. Filsafat ilmu memberikan nilai yang jelas bagi setiap disiplin ilmu. Disini bisa di bilang fungsi filsafat bagi ilmu pengetahuan sebenarnya adalah untuk memudahkan atau membantu membedakan persoalan mana yang ilmiah dan mana yg tidak ilmiah.

Hubungan antara filsafat dan ilmu pengetahuan

Di sini hubungan keduanya sangat erat karnana filsafat dapat di sebut juga sebagai induknya ilmu sedangkan ilmu pengetahuan sebagai anak filsafat. Mengapa demikian, karena filsafat sifatnya lebih luas atau universal objeknya. Sedangkan ilmu pengetahuan objeknya terbatas karena hanya di dalam ruang lingkup bidang tertentu. Di sini dapat dilihat hubungan antara filsafat dan ilmu pengetahuan sangat erat hubungannya dan ilmu pengetahuan sangat memerlukan objek yang luas yaitu filsafat.

Disini dapat di bedakan antara filsafat dan ilmu pengetahuan adalah filsafat mempunyai objek yang lebih luas, sifatnya universal, sedangkan ilmu objeknya terbatas, khusus lapangannya saja. Filsafat hendak memberikan pengetahuan, pemahaman lebih dalam dengan menunjukkan sebab-sebab. Sedangkan ilmu juga menunjukkan sebab-sebab, tetapi tidak menjelaskan atau objeknya tidak begitu mendalami.

Jadi dapat disimpulkan filsafat ilmu pengetahuan sangat penting bagi kehidupan manusia  sehari-hari karena dapat membantu manusia untuk menyelesaikan sebuah masalah dan dapat membedakan persoalan mana yang ilmiah dan mana yang tidak ilmiah.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun