Mohon tunggu...
Resi Maghfiroh
Resi Maghfiroh Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Mati Gaya, tanpa Gadget

17 September 2016   11:28 Diperbarui: 17 September 2016   11:58 56
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
http://www.indiatvnews.com/

Gadget...sebuah alat  sederhana yang memuat berbagai fungsi dan kegunaan. Di  zaman yang modern ini gadget menjadi barang yang wajib dibawa kapanpun,dimanapun,dan dalam keadaan apapun. Bukan hanya orang dewasa  sebagai penggunanya. Namun sekarang anak-anak pun sudah lebih memilih untuk bermain gadget  dibandingkan dengan bermain pada umumnya seperti mainan tradisional.

Hal ini terjadi karena semakin maraknya pengaruh globalisasi yang sangat cepat dan meluas di berbagai kalangan masyarakat yang tidak terkendali. Globalisasi sendiri dapat diartikan sebagai proses penyebaran unsur-unsur baru baik berupa pemikiran,gaya hidup, informasi,maupun teknologi secara mendunia.

Menyebarnya globalisasi ini sangat terlihat dampaknya pada gadget, sekarang ini banyak orang berpikir bahwa tidak ada gadget bisa mati gaya. Gadget yang sering digunakan biasanya adalah handphone. Karena faktor mudah untuk dibawa,harga yang terjangkau dan dalam pengoperasiannya yang mudah sehingga banyak orang lebih memilih handphone sebagai gadget yang digunakan. Melalui handphone ini mereka dapat melakukan apa saja sesuai  fungsi dan aplikasi yang disediakan dari masing-masing handphone. Beberapa aplikasi tersebut dapat berupa internet, games , social media yang menawarkan kemudahan dalam komunikasi seperti line, whatsapp, messenger,dan lainnya. Dengan makin mudahnya berkomunikasi lewat social media ini masyarakat dapat  merasa lebih dekat dalam berkomunikasi dengan orang lain yang jaraknya jauh.

Makin berkembangnya teknologi juga telah banyak sekali membawa keuntungan bagi para penggunanya terutama layanan internet dalam handphone yang banyak menawarkan pilihan seperti dalam hal berkomunikasi menjadi lebih mudah lewat social media, sarana perkembangan IPTEK menjadi lebih mudah meluas, menambah lingkup persahabatan melalui social media, mempermudah sarana pendidikan dalam pembelajaran bagi murid maupun guru seperti adanya grup diskusi dalam internet yang dapat mengefektifkan waktu pembelajaran, banyaknya tersedia informasi dari seluruh penjuru dunia yang dapat menambah wawasan kita, mendownload file, mudahnya berbelanja online, memulai usaha di internet dengan penghasilan yang terbilang memuaskan dan masih banyak lagi keuntungan yang ditawarkan.

Namun disisi lain gadget juga memberikan dampak negatif yang tidak sedikit bagi penggunanya terutama bagi orang yang belum sepenuhnya paham dalam memanfaatkan gadget seperti anak-anak.

Biasanya anak kecil banyak menggunakan gadget untuk bermain games, nonton video dan lain-lain yang dapat berpengaruh pada perkembangan anak karena waktu mereka banyak diisi dengan bermain games sehingga waktu belajar mereka berkurang,mengurangi kesehatan mata karena terlalu lama beramain gadget, anak-anak juga dengan tidak sengaja menonton video atau lainnya yang tidak sesuai maupun ada unsur pornografi yang seharusnya tidak ditonton.

Selain pada anak-anak, dampak negatif pun dapat menghampiri pada orang dewasa seperti makin malas melakukan kegiatan karena mereka berpikir dapat melakukan apa saja melalui gadget yang mereka punya seperti berbelanja makanan hanya dengan klik lalu makanan tersebut dapat langsung dikirim kerumah tanpa kita harus keluar rumah. Hal ini dapat juga menjadikan mereka lebih malas dalam melakukan suatu kegiatan lainnya. 

Selain itu dampak yang sangat terlihat yaitu banyaknya orang menjadi lupa waktu karena keasyikan bermain gadget seperti chatting melalui social media sehingga dapat lupa kegiatan lainnya, mereka juga menjadi lebih boros karena adanya keinginan untuk membeli gadget terbaru, adapula orang-orang yang ketika berkumpul dengan teman-temannya lebih mementingkan gadget disaat berkumpul bersama rekan-rekan maupun keluarga sehingga dapat mengurangi quality time mereka dengan sibuk bermain gadget sendiri.

http://gpdiklaten.blogspot.co.id/
http://gpdiklaten.blogspot.co.id/
Dari banyaknya dampak yang diberikan oleh berkembangnya globalisasi kita dituntut untuk dapat menyikapinya dengan baik dan tidak salah dalam menggunakan kemajuan teknologi yang ada. Cara yang dapat kita lakukan dalam menyikapi hal ini yaitu untuk orang tua agar dapat mengkontrol kegiatan yang dilakukan anaknya, kita harus bijaksana dalam melakukan kegiatan yang akan dilakukan, dapat mengatur waktu penggunaan gadget , menyesuaikan kondisi dimana kita berada, memperbanyak pertemuan dan bicara langsung dengan orang lain dan menggunakan segala sesuatu dengan sesuai fungsinya. Karena hanya diri sendirilah yang dapat mengetahui batasan sampai mana kita harus bertindak sehingga apa yang dilakukan dapat membawa dampak yang baik pula.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun