Mohon tunggu...
Resi Kartika Prasasti Noer
Resi Kartika Prasasti Noer Mohon Tunggu... UIN Maulana Malik Ibrahim,MALANG

Kunci Kesuksesan Adalah Belajar Walau Hanya Selembar Buku

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mari Mengenal Sistem Saraf, Komponen, dan Fungsi Saraf Manusia

26 Februari 2021   16:21 Diperbarui: 26 Februari 2021   16:32 70 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mari Mengenal Sistem Saraf, Komponen, dan Fungsi Saraf Manusia
www.kompas.com

Pernahkah kalian mendengar sistem saraf yang ada pada manusia? serta komponen yang terdapat didalam sistem saraf tersebut?

Jika anda pernah mendengar tetapi sudah mulai lupa tentang sistem saraf, disini saya akan membantu untuk mengingatkan kembali tentang apa sih itu sistem saraf manusia? mengapa sistem saraf itu penting bagi manusia? Lebih jelasnya yuk disimak penjelasannya.

Sistem saraf lupakan salah satu sistem yang ada pada manusia, sistem ini ini merupakan sistem yang paling tinggi perkembangannya dan paling kompleks. Sistem saraf itu sendiri bertugas untuk menyampaikan rangsangan reseptor untuk dideteksi dan direspon oleh tubuh.

Sistem saraf menerima berjuta-juta rangsangan dari berbagai organ, dari semua rangsangan itu akan bersatu sehingga dapat menentukan respon apa yang diberikan oleh tubuh. Lalu mengapa apa sistem saraf manusia itu penting?

Karena adanya sistem saraf itu akan membantu untuk mengatur serta mengendalikan setiap kegiatan yang ada pada tubuh manusia sehingga manusia dapat melakukan kegiatan harmonis didalam kehidupan sehari-harinya, seperti manusia dapat berbicara satu sama lain sebagai alat komunikasi menggunakan pelantara bahasa yang dapat dimengerti pula, selain berbicara manusia juga dapat berjalan sehingga itu membantu dalam aktivitas sehari-hari seperti bekerja, mengurus rumah, memasak, dan aktivitas lainnya. Maka dari sinilah pentingnya sistem saraf pada diri manusia tanpa adanya sistem saraf maka manusia akan kesulitan dalam berbicara ataupun berjalan.

Komponen yang terdapat didalam saraf. Komponen tersebut yaitu reseptor, vektor, dan penghantar impuls.

  1. Reseptor

Komponen ini merupakan salah satu atau kelompok dari sel saraf dan lainnya yang fungsinya untuk mengenali rangsangan dari luar ataupun dari dalam tubuh. Bisa dikatakan bahwa reseptor berfungsi untuk menerima rangsangan ( impuls). Di sini ini organ indera yang bertindak sebagai reseptor. Seperti penglihatan, penciuman, pendengaran, dan organ Indera lainnya.

2. Efektor

Sel atau organ yang dapat menghasilkan tanggapan dari rangsangan yang dihantarkan oleh penghantar impuls. Efektor yang paling penting pada manusia yaitu otot dan kelenjar. Misal jika kaki kita terkena api maka otak akan memerintahkansupaya untuk bergerak dan menjauh dari api tersebut. di sini kaki yang menjadi di efektor.

  1. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x