Mohon tunggu...
Resha Latifah
Resha Latifah Mohon Tunggu... Bukan ibu ibu komplek

Bekerja itu ibadah, jadi tetap semangat

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Kue Satu Kacang Hijau, Khasiatnya Bukan Satu-satu

15 Mei 2020   19:48 Diperbarui: 15 Mei 2020   20:04 1791 7 2 Mohon Tunggu...

Asalammualikum Semesta, Apakabar hari ini. 

Kamu suka olahan kacang hijau tidak seperti bakpia atau bubur kacang hijau. Tahu dong si kecil ini selain dapat juga di jadikan bahan rempeyek kacang bisa juga jadi kue kering enak dan sehat. Rasanya istimewa tidak kalah denga nastar ataupun kastangel dan putih salju. Cue ini namanya nama angka pertama "SATU"

Menyoal bentuk kue satu, maka kamu bisa membayangkannya bentuknya yang mirip dengan Kue Sagon ataupun dengan Kue Sagu tapi soal rasa sama sama otentik dan tidak kalah gurihnya. Kue Satu adalah kue tradisional yang diracik dari bubuk kacang hijau kemudian dipadatan, Saat digigit rsa manisnya ces lumer dimulut.

Kue ini juga jadi kue khas di Masyarakat Sunda dan Betawi. Ada istilah mengapa dinamakan satu, karena memang mesti dikonsumsi satu kue jangan banyak banyak karena jika langsung dua atau tiga mulut sudah penuh.

Kadang ada banyak versi kue satu ini, banyak rasa modifikasi. Dicampur susu atau adapula dengan keju. Tapi kue ini bukan kue sembarangan. Walau kue kampung tapi kue ini telah bertahan dari masa ke masa dan seallau jadi favorit jika sedang Lebaran. 

Dengan bahan yang tidak sulit siapapun bisa membuat secara pribadi jadi tidak perlu untuk beli. Di Kampung saya garut di pameungpeuk biasanya ada beberapa keluarga yang memang buat kue ini jadi pas hendak lebaran sudah di bagikan karena bikinnya patungan. Biasanya buatnya ramai ramai tapi kali ini cukup beberapa orang saja. Sungguh kangen jadi pengen mudik. Ya walaupun mudik susah ya.

Kue ini di buat mesti dengan sepenuh hati karena kue otentik ini memang butuh keuletan, ketelatenan dan kesabaran dalam proses produksinya, kata lainnya dedikasi.

Oiya Kacang hijau juga punya banyak mamafaat lho buat tubuh kita. Jadi selain menjadi panaganan enak kue satu juga kaya akan Zat besi sehingga bagus buat suplemen pendukung anemia. Asal Kacang hijaunya punya kualitas yang bagus ya dan tidak pakai pengawet. Juga kalau rendah gula lebih bagus lagi.

Kacang hijau tinggi akan klorofil yang dipercaya mampu menghambat sel sel kanker. Kalau kantong kering keknya mesti diusakan mulai memproduksi dan dijual kuenya agar bisa menghadapi kantong keringnya dengan penghasilan tambahan dari berjualan kue ini hehhehe.

Sebetulnya kacang hijau mengandung indeks glikemik yang rendah sehinga baik dikonsumsi oleh penderia diabetes, maka dari itu kalau bisa jangan meambahkan gula karena rasa dari kacang hijau sendiri sudah ada rasa manis manisnya gitu kaya aku. Kalsium dan fosfor juga banyak terkandung di dalamnya jadi baik untuk kesehatan tulang.

Kalorinya pun rendah otomatis rendah kolesterol. Dari organicfacts.net, bahwa kacang hijau membantu kurangi risiko penyakit jantung karena mengandung flavonoid tinggi. Fyi flavonoid adalah antioksidan polifenol yang banyak ditemukan di dalam buah dan sayuran. Kacang hijau juga memiliki senyawa isoflavon, yang masuk pada kelompok phytoestrogen, menjadikannya punya sifat estrogenik alamiah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x