Mohon tunggu...
Resha Latifah
Resha Latifah Mohon Tunggu... Bukan ibu ibu komplek

Bekerja itu ibadah, jadi tetap semangat

Selanjutnya

Tutup

Kisahuntukramadan Pilihan

Ngabuburit Berbuah Cabai, Menyemai Kangkung

4 Mei 2020   15:32 Diperbarui: 4 Mei 2020   15:32 16 3 1 Mohon Tunggu...

Asalammulaikum, Bagaimana kabarnya hari ini, semoga tetap sehat ya, dan yang sedang tidak enak badan atau sakit semoga lekas sehat sediakala. Bagaimana juga puasanya hari ini? Semoga tetap lancar ya, sudah sebelas hari berpuasa tehitung sampai hari ini. Tetap semangat ya semuanya.

Banyak meme yang berkeliaran di luar sana mengenai nama orang yang paling dirindukan oleh orang yang berpuasa, atau azan yang paling dinanti dalam setiap Ramadhan, jawabnnya pun sama sama Adzan Magrib. Rasanya tidak pernah adzan magrib sedirindukan ini jika bukan saat Ramadhan.

Pernah dengar kata Ngabuburit ? kata tersebut merupakan kata serapan yang berasal dari Basa Sunda, Bentuk kata ini adalah sebuah lakuran atau portmanteau, yang dimana kata ini terbentuk akibat penggabungan dua kata atau lebih.

Seperti kebiasaan orang Sunda menyingkat kata. Ngabuburit adalah singkatan dari ngalantung ngadagoan burit yang jika diartikan kedalam bahasa Indonesia adalah bersantai santai sambil menunggu petang. Bisa dilihat dalam KBBI juga " burit " memiliki dua arti, satu artinya belakang dua artinya sore, sepertinya kata burit dengan makna kedua ini memang diserap dari Basa Sunda yang sama sama memiliki arti sore.

Dari kata arti sebenarnya dari Basa Sunda, menunggu sore dengan bersantai, kenapa harus membuat kegiatan yang berat untuk bersantai? nah dengan ini kamu jika ingin kegiatanmu mengisi hari menjelang sore disebut ngabuburit secara langsung mencuci, Menyetrika baju, atau membetulkan genteng. Itu sepertinya sebuah pekerjaan ya, jadi ibu ibu mesti strong.

Menurut saya ngabuburit juga terbagi menjadi dua , yakni yang unfaedah dan berfaedah. Misalnya nonton drama korea maraton atau anime maraton, baca wattpad maraton, stalking ig lambe turah atau mungkin mantan, bisa jadi seharian habis habisan nonton youtuber favoritmu dikanalnya. Bagi saya selain menyenangkan hati karena nonton tapi tidak banyak manfaatnya, asal jangan konten yang lebay dan aneh aneh. Asli kadang jadi mubazir waktunya untuk hal hal ini, sesekali nonton boleh lah. Kadang televisi siarannya tidak bagus dan membosankan.

Mungkin yang bermanfaat bisa mengisi dengan hal hal yang menginpirasi dan membuka pengetahuan baru, baik itu tontonan yang menjadi tuntunan dan tulisan yang membuka wawasan. Kita sah sah saja melakukan semua kegiatan selama tidak melanggar norma agama dan adat istiadat. Hendak tik-tokan seharian atau nyanyi di smule juga tidak masalah. 

Tapi seberapa besar sih mamfaat yang akan kamu terima, kecuali jika kamu memang jualan via aplikasi sosial media dan butuh iklan, selama kegiatan itu berhubungan dengan pekerjaanmu ya tidak masalah, Biasanya influencer atau selebram ataupun selebtwit.

Salah satu cara kamu mengisi waktu luang, ini jika benar benat ada waktu luang ya. Sebagaian orang masih bekerja secara normal, sebagian lagi bekerja dari rumah. Mesti pasti waktu yang benar benar di pakai untuk ngabuburit. Jangan sampai waktunya masih dalam jam kerja kita malah asik ngabuburit.

Salah satu cara menghabiskan waktu luang yang tersedia dengan ngabuburit adalah bercocok tanam, kamu tidak perlu butuh banyak bahan, pertama bisa menggunakan bahan bahan sisa yang memang tidak terpakai. Benihnya pun tidak sulit, cari tanaman yang mudah karena saya tahu kalau menanam kelapa sawit tentu tidak mungkin. Menanam bunga atau sayur bisa jadi pilihan. Jika hendak menanam pohon buah juga bisa sih. 

Menanam cabai mungkin bisa menjadi pilihan , selain tidak sulit mudah pula perawatannya, walaupun awal awal saya ada kegagalan. Tetapi setelah mencoba lihat beberapa kanal di youtube ada cara cara yang akhirnya saya terapkan. Alhamdulilah benihnya jadi. Dengan menanam ini juga tidak terlalu rumit dan banyak waktu yang di perlukan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN