Mohon tunggu...
Resa Roosmana
Resa Roosmana Mohon Tunggu... Freelancer - Unperfect Woman

Nulis biar keliatan sibuk.

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

ATM Kamu Tertelan? Lakukan Hal Ini agar Aman

30 November 2022   13:14 Diperbarui: 4 Desember 2022   06:16 154
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Aduh, ATM ku tertelan, nih! Gimana, ya? Duitku ilang ngga, ya? Terus cara ganti ATM nya gimana, dong? Bisa diambilin dimesin, ngga?

Hayo siapa yang ATM nya pernah tertelan dimesin? Belum pernah, atau justru sering nih? Nah, kalau ATM kamu tertelan dimesin, ngga perlu panik, ya. Jangan sampe mukul-mukul mesin ATM atau bahkan menendangnya supaya kartu kalian keluar. Ini mesin ATM, guys, bukan mesin dingdong. Haha!

Buat kalian yang ATM nya baru saja tertelan atau buat kalian yang belum pernah tertelan ATM nya bisa baca tips berikut. Langkah-langkah ini bikin kalian bebas panik dan ngga gampang kena penipuan modus ATM tertelan.

  • Pastikan ATM benar-benar masuk ke mesin

sumber: pixabay
sumber: pixabay

Maksudnya? Saat tahu ATM kalian masuk ke mesin, jangan langsung buru-buru keluar dari ruangan mesin anjungan tunai, ya. Tetap tenang walaupun jantung deg-degan, hehe.

Pastikan ATM kalian benar-benar masuk ke dalam mesin. Caranya? Tunggu beberapa saat, sekitar 1-2 menit. Atau kalian bisa menunggu hingga tampilan mesin ATM Kembali ke tampilan awal. Pastikan kembali bagian insert card yang ada disebelah kanan, adakah kartu yang keluar atau tidak. Jika tidak dan lampu mesin ATM Kembali berkedip-kedip, sudah bisa dipastikan kartu kalian tertelan dengan sempurna dimesin. Hehe!

  • Jangan menghubungi nomor selain call center resmi Bank

sumber: pixabay
sumber: pixabay

Saat ATM tiba-tiba masuk ke mesin pasti membuat kalian panik. Nah, kepanikan kita ini yang biasanya dimanfaatin oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Biasanya, dalam posisi panik kita tidak bisa berpikir jernih. Kita hanya ingin kartu ATM kita keluar dari mesin.

Jika kalian perhatikan betul, disetiap mesin ATM selelu ditempel nomor call center resmi dari Bank tersebut. Perhatikan, apakah ada tempelan stiker di sekitar badan mesin ATM. Biasanya stiker ditempelkan di atas layar atau di sebelah kanan dalam posisi yang mudah dibaca.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun