Mohon tunggu...
Redining Nila Astuti
Redining Nila Astuti Mohon Tunggu... penikmat yang bukan pengila

menulis bukan hanya di kertas, pemimpi yang ingin bergerak dengan mata terbuka

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Dandelion, Pemberani yang Sederhana

27 Mei 2020   15:44 Diperbarui: 30 Mei 2020   21:58 32 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dandelion, Pemberani yang Sederhana
dok pribadi - dandelion liar

Dandelion sebutan yang biasa digunakan untuk merujuk kepada sebuah tumbuhan yang memiliki bunga-bunga kecil dan bunga-bunga kecil tersebut berubah menjadi biji yang terbang ditiup angin. Biji dandelion memiliki bagian seperti bulu berwarna putih yang bekerja seperti balon pengudara yang membuatnya terbang berpindah tempat.

Dandelion merupakan tanaman liar yang mampu hidup di segala kondisi tanah dan cuaca. Bunganya tidak memiliki wangi yang khas yang mudah di ingat, tapi bunga dandelion memiliki kandungan filosofi yang memukau.

Tanaman dandelion tidak memiliki ranting atau batang yang menjadikannya kokoh menawan. Banyak yang beranggapan dandelion ini adalah bunga rapuh. Namun dibalik kerapuhannya dandelion memiliki keberanian terbang sendirian tertiup angin, hingga nanti berhenti di salah satu lokasi kemudian tumbuh menciptakan kehidupannya yang baru. Filosofinya meski lemah dandelion memiliki keberanian untuk menciptakan sebuah kehidupan baru di tempat yang belum diketahuinya.

Dandelion memiliki kelebihan dalam beradaptasi dengan lingkungannya yang menjadikan bunga ini bisa berkembang dengan mudah. Dandelion bisa tumbuh dimana saja ia berlabuh. Untuk itu, kita bisa mengambil makna dari Dandelion, agar bisa beradaptasi dimanapun kita berada.

Biji dandelion yang telah berhenti pada suatu lokasi tidak memerlukan asupan pupuk mahal untuk hidup. Sedikit kelembapan pada media yang di hingapinya bisa menumbuhan tunas kehidupannya. Biji dandelion kemudian tumbuh secara optimis dengan kesederhanaan.

Mengikuti arah angin bukan berarti dandelion pasrah di mana dia di berhentikan. Seperti tertulis pada paragraf pertama dandelion memiliki bagian seperti bulu berwarna putih yang bekerja seperti balon mengudara, nah bagian tersebut bisa beralih fungsi menjadi sebuah layar pengendali arah. Bukan pasrah, tapi terkadang pilihan Tuhan adalah yang terbaik untuk menjalani sebuah kehidupan.

Dandelion tidak tumbuh sebagai bunga hias yang biasa berada dalam pot ataupun taman-taman kota yang menunjukan keindahannya kepada setiap orang. Dandelion berbeda, ia biasa hidup dan tumbuh secara liar di sekeliling ilalang yang jauh dari orang dan ilalang itu yang senantiasa menyembunyikannya dalam rerumputan, tetapi keindahannya tak akan pernah tertutupi sekalipun ilalang telah menjadi bunga hias dalam pot taman.

Singkatnya, dandelion memiliki makna petualang pemberani yang memiliki kesederhanaan, memiliki keindahan namun merendah tidak menunjukan kesombongan.

VIDEO PILIHAN