Mohon tunggu...
Repa Kustipia
Repa Kustipia Mohon Tunggu... Ahli Gizi - Gastronomist (Gastronome)

Membahas Gastronomi di @gastrotourism_academy Berhenti Menjadi Ahli Gizi (Nutritionist Registered) di tahun 2021. Bertransformasi Menjadi Antropolog Pangan.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Memasak ala Cafe di Rumah dengan Bahan dari Warung Tetangga

16 Agustus 2022   15:29 Diperbarui: 16 Agustus 2022   15:41 74 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: unsplash.com/Kevin McCutheon

Makan di luar adalah bentuk apresiasi diri untuk memperkaya cita rasa, namun tidak semua orang bisa menikmati sajian mewah yang disajikan di Resto atau Cafe Mahal karena berbagai kondisi finansial dan kesibukan aktivitas yang perlu diprioritaskan.

Bagaimana jika membuat saja di rumah dengan mengandalkan jualannya warung tetangga ? tentunya dengan anggaran yang terjangkau dan komoditas pangan lokal yang bisa saja dari hasil panen para petani atau peternak terdekat, bahkan sudah banyak produksi rumahan berizin.

Memakmurkan warung tetangga yang berjualan sembako, sayur mayur, dan bahan-bahan masak adalah bentuk sedekah dan berbagi kebahagiaan, selain bisa ngobrol bareng tetangga, akan terjalin silaturahim, sesekali berinteraksi dengan mulai menjadi langganan warung tetangga akan timbul rasa saling membutuhkan dan lama-lama bisa saling membantu dan menguatkan tentang keakraban bermasyarakat.

Inspirasi menu ini adalah hasil pencarian dan pengalaman pribadi menikmati jenis menu serupa dari inspirasi resep ketika makan di luar atau nongkrong dan ternyata bahan-bahannya mudah didapatkan bahkan tersedia di warung tetangga, mini market, dan pasar lokal.

Berikut menu-menu yang pernah dicoba ketika makan di luar : Untuk makanan pembuka (Appetizer) ada Risoles Mayonaise, Makanan Utama (Main Course) Chicken Steak Bumbu Barbeque dan Lada Hitam atau Sajian Steak Ayam Katsu, serta makanan penutup (dessert) berupa minuman Sweet Watermelon Breeze

Berapa rincian biaya untuk menyajikan menu-menu tersebut yang dibeli dari warung tetangga ? 

Ternyata tidak tergolong mahal. Ini adalah informasi harga komposisinya dari warung di dekat rumah saya :

Tepung terigu (1kg) Rp. 13.000, 1 bungkus garam Rp. 2.000, 1/2 kg telur ayam Rp. 13.000, Minyak Sayur 250 ml Rp. 7.000, 1 bungkus mayonaise 100 ml Rp. 6500, 1 saset Susu kental manis Rp. 2500, Sosis sapi isi 6 Rp. 12.000, 1 bungkus tepung roti/tepung panir Rp. 7000, Dada ayam fillet (untuk 3 porsi) Rp. 20.000, Merica instan, kaldu bubuk instan, bawang putih instan masing-masing Rp. 1.000, Bumbu instan rasa barbeque Rp. 2500, Bawang bombang 1 butir Rp. 3.000, Semangka beku Rp. 5.000 dan Minuman Fermentasi (Yakult) 1 pack Rp. 9.000. 

Total Belanja bahan-bahan Rp. 100.000 untuk 3-5 porsi masing-masing menu. Wah hemat sekali ya. Kalau isi kepala ibu-ibu cerdas finansial berarti 34 ribuan saja sudah dapat 3 porsi per orangnya.

Peralatan masak yang perlu disiapkan : wajan, kompor, sutil, penyaring, pisau, talenan, alat saji (piring hidang dan gelas serta sendok dan garpu).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan