Mohon tunggu...
REFLEKSI DIRI
REFLEKSI DIRI Mohon Tunggu... Penulis - Renungkan dan Rasakan. Intisari kehidupan ada di dalamnya.

Tulisan apapun yang dimuat, adalah tulisan yang berlandaskan pengalaman, gagasan dan riset sendiri.

Selanjutnya

Tutup

Puisi

Gelisah, Resah dengan Tujuan Hidup

24 Desember 2020   17:56 Diperbarui: 24 Desember 2020   18:02 88
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Dokumen Pribadi

Selama ini aku berjuang, berkorban waktu dan tenaga. Seluruh waktu ku terkuras, dengan segala effort dan kekuatan yang ada. Ku lampiaskan semuanya dengan tujuan ini. Lulus dan berhasil meraih sebuah gelar yang awalnya diagung-agungkan orang. 

Saat ku merasa aku berada dalam puncak perjuangan, aku flashback dan melihat sedikit ke belakang. Semua yang tlah ku lakukan, ini hasil yang akan aku gapai.

Menurut orang-orang, apa yang aku lakukan, itulah yang akan mereka berikan. Apa yang aku perjuangkan, itulah yang akan aku dapatkan.

Saat semua sudah mencapai puncaknya, dan sebentar lagi aku akan menuai hasilnya. Kenapa gelisah ini datang, sedangkan aku sudah di akhir perjalanan.

Setelah ini apa?, Setelah ini mau ngapain?, Beberapa pertanyaan muncul dan meneror pikiranku saat aku mengharapkan kebebasan dari perjalanan panjang dalam hidupku.

Gelisah akan masa depan, gelisah akan tidak memiliki kepastian, gelisah untuk melangkah, gelisah takut tersungkur pada jalan yang aku sendiri tentukan.

Ah sudahlah, aku memang tak mengerti apa-apa tentang kepastian selanjutnya. Aku serahkan semua kepada Yang Kuasa, biarkan Dia menentukan aku nantinya bagaimana.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun