Mohon tunggu...
Farhan Jordan Akbar
Farhan Jordan Akbar Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

KKN Tim II Universitas Diponegoro 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Ternyata dengan Mempunyai Gigi dan Mulut yang Sehat, Covid-19 Bisa Skakmat Lho!

2 Agustus 2021   20:50 Diperbarui: 2 Agustus 2021   21:19 62 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ternyata dengan Mempunyai Gigi dan Mulut yang Sehat, Covid-19 Bisa Skakmat Lho!
Leaflet “MULUT SEHAT, COVID-19 SKAKMAT”/Dokumen pribadi

                               Sukabumi Utara, Jakarta Barat (23/07/21) – Pandemi Covid-19 yang terjadi belum berakhir. Oleh karena itu, Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diadakan oleh Universitas Diponegoro dilaksanakan di wilayah tempat tinggal masing-masing mahasiswa dengan target warga sekitar tempat tinggal. Kegiatan KKN ini dilaksanakan mulai tanggal 30 Juni hingga 12 Agustus 2021. 

Salah satu mahasiswa yang mengikuti kegiatan KKN ini yaitu Farhan Jordan Akbar (21) dari Program Studi Kedokteran Gigi, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro.

Program kerja KKN yang dilaksanakan berfokus pada Kesehatan gigi dan mulut masyarakat serta pemberdayaan masyarakat dengan mengacu pada Sustainable Development Goals. Ditambah lagi, pandemi Covid-19 yang menjadi masalah utama bagi seluruh negara tak terkecuali Indonesia. 

Sebagai mahasiswa Kedokteran Gigi, Farhan Jordan Akbar menggagas program “MULUT SEHAT, COVID-19 SKAKMAT”. 

Urgensi dari program ini yaitu survei yang membuktikan bahwa banyak masyarakat yang belum sadar sering menyentuh wajah mereka, hal ini berdasarkan penelitian yang telah dilakukan yaitu dengan rata-rata 23 kali per jam dimana dapat memungkinkan penularan Covid-19 melalui rongga mulut. Selain itu, di dalam rongga mulut juga terdapat reseptor ekspresi ACE-2 yang merupakan target dari Covid-19. 

Ditambah lagi, kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian yang penting dari kesehatan tubuh secara umum. Apabila kondisi gigi dan mulut buruk maka dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh terhadap paparan Covid-19 serta menyebabkan masalah kesehatan umum lainnya.

Kondisi pandemi saat ini juga telah membatasi praktik kedokteran gigi sehingga masyarakat cenderung hanya mengetahui bahwa keluhan gigi dan mulut selama pandemi berlangsung harus ditunda perawatannya. 

Padahal, Persatuan Dokter Gigi Indonesia telah menyatakan adanya kondisi-kondisi tertentu yang memperbolehkan masyarakat untuk melakukan kunjungan ke klinik gigi dengan berbagai protokol kesehatan yang diberlakukan. 

Melalui program ini, Jordan, Mahasiswa Kedokteran Gigi Undip memberikan edukasi kepada warga sekitar RT.04/RW.11 Kelurahan Sukabumi Utara mengenai fakta seputar kesehatan gigi dan mulut, tips menjaga kesehatan gigi dan mulut, serta aturan mengunjungi klinik gigi selama pandemi covid-19 dengan menyebarkan leaflet dan poster. Program yang dilakukan sesuai dengan tujuan SDGs poin ketiga yaitu kehidupan yang sehat dan sejahtera (Good Health and Well Being).                   

Leaflet “MULUT SEHAT, COVID-19 SKAKMAT”/dokpri
Leaflet “MULUT SEHAT, COVID-19 SKAKMAT”/dokpri
Kegiatan dalam program ini antara lain:
  • Sosialisasi “MULUT SEHAT, COVID-19 SKAKMAT” menggunakan leaflet dan poster secara daring dan door to door (jika diminta warga menjelaskan langsung).
  • Sesi tanya jawab secara daring dan door to door.
  • Pembagian goodie bag berisi leaflet, sikat gigi, pasta gigi, dan mouthwash secara door to door.
  • Penempelan poster di tempat umum sekitar lokasi KKN.
  • Monitoring dan evaluasi program melalui google form.

Kegiatan ini dilakukan secara daring melalui personal chat WhatsApp dikarenakan kondisi yang sedang tidak memungkinkan. Namun, jika warga meminta penjelasan leaflet dan poster secara langsung maka kegiatan dilakukan secara door to door. Sosialisasi diikuti oleh 10 warga sekitar RT. 04/RW.11 Kelurahan Sukabumi Utara. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x