Mohon tunggu...
Yohana Reni Anggraeni
Yohana Reni Anggraeni Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi FISIP UAJY

Mari Mengulik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Jurnalisme Warga, Bagian Jurnalisme Masa Kini yang Memberikan Ruang bagi Masyarakat Luas

10 Oktober 2021   23:57 Diperbarui: 11 Oktober 2021   02:45 109 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
sumber gambar : constructiveinstitute.org

Jurnalisme online menjadi salah satu komponen dalam dunia digital yang keberadaanya selalu dinamis, bergerak dan semakin berkembang. Jurnalisme akan selalu mengalami berbagai perubahan terkait tampilan, isi bahkan jenisnya.

Keberadaan jurnalisme kemarin, masa kini dengan masa depan akan memiliki perbedaan yang bisa kita rasakan. Perbedaan ini terjadi karena beberapa faktor, salah satunya digitalisasi teknologi yang semakin hari semakin berkembang dengan pesat.

Setelah mengetahui dan memahami terkait sejarah perkembangan jurnalisme online, saat ini kita akan membahas bersama bagaimana perkembangan jurnalisme di masa kini dan perkembangan jurnalisme masa yang akan datang.

Apakah semua aturan, pedoman serta berbagai macam unsur yang saat ini diterapkan dalam jurnalisme online masa kini masih akan terus diterapkan di masa yang akan datang?

Jurnalisme Masa Kini

Sebelum seperti sekarang ini, jurnalisme sudah muncul dengan berbagai macam perubahan. Berbagai perkembangan mulai terjadi. Teknologi informasi dan komunikasi mengalami perubahan dan perkembangan yang cukup signifikan.

Teknologi yang tujuan awal digunakan untuk mempermudah aktivitas manusia akhirnya menambah fungsi menjadi sumber informasi yang aktual dan lebih efisien. Penyebaran informasi atau berita melalui surat kabar konvensional atau tradisional seperti majalah, koran, televisi, radio bisa dikatakan semakin merosot baik dari cara kerja maupun peminatnya.

Semakin hari masyarakat semakin berhubungan erat dengan internet. Semua informasi didapat dengan cepat. Semua yang diinginkan dapat diakses dengan mudah hanya melalui sambungan internet. Hal ini lah yang menjadikan masyarakat lebih mencari dan memilih hal yang jauh lebih praktis.

Penyebaran informasi yang sebelumnya melalui surat kabar cetak, radio, televisi saat ini mulai tersisihkan dengan jurnalisme online. Tidak hanya itu, di masa kini munculah jurnalisme baru yang dinamakan jurnalisme warga (citizen journalism)

Jurnalisme konvensional yang semula berfungsi menyebarkna informasi dan masyarakat umum sebagai konsumen yang menikmati berita tersebut kini sudah mulai beralih akibat adanya citizen journalism. Lalu, sebenarnya apasih yang dimaskud dengan citizen journalism?

Jurnalisme Warga (Citizen Journalism)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan