Mohon tunggu...
Renita satian
Renita satian Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa psikologi

Rajinlah membaca karena dengan membaca kamu akan mengetahui banyak hal

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pemanfaatan Media Whatsapp dalam Pembelajaran Selama Pandemi

23 Januari 2022   19:17 Diperbarui: 23 Januari 2022   19:21 51 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pandemi yang telah melanda dunia ini banyak menimbulkan menimbulkan dampak kepada beberapa sector, termasuk sector Pendidikan akibat dari pandemi ini juga mahasiswa Universitas aisyiyah Yogyakarta indonesia harus melakukan pembelajaran secara daring

Whatsapp adalah aplikasi pesan untuk komunikasi data. Dengan WA kita dapat melakukan obrolan online, berbagi file, bertukar foto atau data yang lain. Penggunaan whatsapp atau group WA akan membantu kita untuk menyebarkan informasi penting dengan sangat cepat dan efisien sekali.  Tidak ada salahnya dosen juga menerapkan aplikasi whatsapp untuk proses pembelajaran selama kegiatan belajar daring. Dengan whatsapp dosen juga bisa membuat kelompok diskusi di kelas virtual.

Whatsapp merupakan aplikasi berbasis internet yang memudahkan penggunaanya dalam berkomunikasi dengan fitur-fitur yang tersedia serta merupakan media sosial yang paling popular digunakan dalam berkomunikasi.
Whatsapp menjadi pilihan untuk digunakan menjadi digunakan menjadi media utama dalam proses pembelajaran daring.
Mahasiswa dapat mengumpulkan tugas dalam bentuk foto atau pdf dan dikirimkan ke group whatsapp atau dikirim langsung personal pada dosen. Mahasiswa mengerti akan materi dan tugas yang telah diberikan, dosen menutup pembelajaran dengan ucapan terimaksih,vn,stiker lucu, maupun icon whatsapp, dan juga berupa jempol kepada peserta didik yang telah mengikuti pembelajaran dengan baik.

Whatsapp juga memiliki status pesan yang berupa tanda yang berfungsi untuk mengetahui status pesan tersebut, sehingga dosen dapat memantau siswa apakah sudah membuka,membaca atau belum sama sekali. Whatsapp juga pesan lintas platform yang menjadi salah satu alat alternatif atau media komunikasi yang banyak di gunakan oleh mahasiswa saat ini di tambah aplikasi whatsapp juga menyediakan fitur grup chat untuk memudahkan berdiskusi atau memberikan informasi melalui grup.  Sebagian orang memanfaatkan aplikasi whatsapp untuk saling memberi kabar, saling bertukar pikiran, diskusi tentang berbagai materi kelompok.

Pembelajaran daring tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan yang dapat meningkatkan atau bahkan menurunkan kualitas pembelajaran, dan ini berdampak pada prestasi belajar. Kesulitan mahasiswa dalam pembelajaran daring adalah pemahaman materi bagi mahasiswa sehingga menghambat tujuan pembelajaran.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan