Mohon tunggu...
Reni Nurliani
Reni Nurliani Mohon Tunggu... Mahasiswa - @reninurlianii

Jujur adalah pangkal keberhasilan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Tips Mendapatkan IPK Pujian, Kamu Harus lakukan ini!

20 November 2022   06:45 Diperbarui: 20 November 2022   06:50 223
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto by @reninurlianii

Menjadi Mahasiswa adalah sebuah anugerah yang harus di syukuri dan dinikmati oleh siapapun yang diberikan kesempatan untuk melewati fase-fase perkuliahan. Bagi kamu yang saat ini diberikan kesempatan menjadi Seorang mahasiswa jangan sia-siakan kesempatan emas, jangan menganggap kuliah itu enteng dan mudah. Ingat jangan sesekali meremehkan hal-hal yang kecil dan paling penting jangan sampai ada penyesalan diakhir, memang penyesalan datangnya diakhir.

Kamu, harus semangat dengan apa yang sedang dihadapi tidak boleh menyerah apalagi meninggalkan begitu saja apa yang sedang dihadapi olah kamu. Setelah melewati fase perkuliahan ada yang harus ditempuh bagi calon lulusan S1 yaitu menyelesaikan tugas akhir SKRIPSI.

Menyelesaikan SKRIPSI memang tidaklah mudah harus memiliki konsisten bagi siapapun yang mau menyelesaikannya, karena disana akan banyak cobaan yang luar biasa dan pastinya kamu harus kuat menghadapi semuanya jangan sampai berhenti ditengah perjalanan mu.

Sebelum membahas bagaimana Tips supaya mendapatkan nilai dengan pujian atau sering disebut Cumlaude. Setiap orang berhak meraih hal tersebut, tidak memandang status sosial namun kamu harus berani memperjuangkannya.Ingat mulai dari Menjadi Mahasiswa Baru kamu harus punya target misal IPK kamu harus 4.0 terus menerus dan harus konsisten sampai akhir, tentu dengan berusaha dan berdoa. 

Berbagi pengalaman dari saya selama perkuliahan saya memiliki tujuan hidup dan target dalam setiap harinya, dimulai dari hal-hal sederhana contoh saya harus mendapatkan IPK 4.0 itu dituliskan dalam memo stik dan menuliskan ratusan impian yang harus diraih. Alhamdulillah meskipun harus melewati fase rintangan, di semester pertama mendapatkan nilai IPK 4.0 dan singkat cerita di semester 3 dan 6 IPK ku menurun entah kenapa padahal belajar terus konsisten sesuai target dan dikelas harus aktif, itu ada dua mata kuliah dengan dosen yang sama memberikan nilai saya B.

Disitu saya sempat bertanya-tanya, dan terus mengevaluasi diri apa yang harus diperbaiki, namun Alhamdulillah di semester 7 dan 8 dengan mata kuliah yang luar biasa di sana harus menyelesaikan SKRIPSI IPK aku 4.0, atas ijin Allah Alhamdulillah saat sidang Skripsi nilai saya A. Dan artinya ketika yudisium saya mendapatkan nilai IPK 3.97 dengan predikat pujian, saya bersyukur sekali bisa meraih keinginan di semester pertama.

Itu semua tidak terlepas doa kedua orang tua dan semua guru sejak SD sampai SLTA dan semua Ibu bapak Dosen. Terima kasih atas ilmunya kalau bukan karena mereka saya tidak akan bisa apa-apa.

Saya sejak awal kuliah memang memiliki kata-kata yang luar biasa dan salah satu bagian dari kata-kata motivasi sehingga ketika mendapat rintangan yang hebat selalu ingat kata-kata dari Pak Anies Baswedan dan Mba Najwa Shihab. Kamu pun bisa menjadi salah satu pegangan kata-kata dari tokoh idola kamu.

Saatnya saya berbagi tips agar mendapatkan IPK Pujian (Cumlaude) :

1. Rencanakan hal ini diawal semester pertama, bahkan sejak kamu menjadi mahasiswa Baru.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun