Mohon tunggu...
Reni Nurliani
Reni Nurliani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Yuk Follow Akun Instagram @reninurlianii

Jujur adalah pangkal keberhasilan

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Calon Mahasiswa Baru Harus Tahu Istilah di Dunia Kampus

7 Juli 2021   21:16 Diperbarui: 7 Juli 2021   21:30 77 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Dunia Kampus - Calon Mahasiswa Baru merupakan seorang siswa yang baru saja lulus dari sekolah lanjut tingkat atas, baik dari sekolah menengah atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan ataupun setingkat ya. 

Menjadi mahasiswa adalah hal yang paling diharapkan oleh semua orang, namun ada yang diberikan kesempatan dan ada yang belum diberikan kesempatan, dunia kampus bukan untuk main-main melainkan untuk ajang mencari ilmu dan berprestasi. Ingin menjadi mahasiswa baru bukan karena gengsi tapi karena merasa ilmu masih kurang, semakin tinggi ilmu seseorang maka akan semakin bahwa dirinya tidak ada apa-apa akan terus belajar tidak ada kata puas, namun haus akan ilmu.

Saat ini ada sebagian calon mahasiswa yang sedang berjuang untuk mendapatkan perguruan tinggi yang didambakan, dan saya ucapkan selamat bagi kamu yang sudah lolos lewat SNMPTN dan bagi kamu yang belum lolos juga selamat karena kamu sudah berani berjuang atau berkompetisi dengan siswa-siswi terbaik se-Nasional. 

Kamu adalah orang hebat,dari pada tidak sama sekali setidaknya kamu pernah merasakan ikut seleksi SNMPTN, karena pada dasarnya keberhasilan kembali lagi pada sang pencipta, kamu harus tahu dibalik semua pasti ada hikmah Allah sedang mempersiapkan kejutan lebih indah dari apa yang kamu rencanakan, bukankah rencana Allah lebih indah. 

Dunia kampus tak sama dengan dunia masa putih abu-abu, disana kamu akan belajar banyak tentang hal tidak hanya ilmu melainkan semua tentang hal.

Sebelum kamu sah menjadi mahasiswa, sebaiknya ketahui dulu istilah Dunia Kampus yang kerap mungkin tidak dikenal masa putih abu-abu, Calon Mahasiswa Baru wajib mengetahui :

  • KTM  (Kartu Tanda Mahasiswa) istilah ini mungkin tidak asing lagi bagi sahabat kerena menjadi siswa juga punya KTS, hal itu sebagai pengenal atau identitas bahwa dirinya tercatat sebagai mahasiswa di perguruan tinggi tersebut, kalau perihal bentuk tidak usah digambarkan karena sudah mengenal nya.
  • KRS (Kartu Rencana Studi) adalah sejenis kertas yang didalamnya terdapat jadwal mata kuliah serta bobotnya berapa, akan dijumpai setiap semester, itu bisa dibilang kontrak mata kuliah kamu yang akan diambil berapa SKS. Contoh lain kalau diibaratkan kamu beli makanan hal itu harus pesan dulu dan dituliskan kurang lebih seperti itu.
  • SKS ( Satuan Kredit Semester)  ingatnya SKS disini bukan sistem kebut semalam, SKS adalah bobot setiap mata kuliah, untuk perihal bobot setiap mata kuliah akan berbeda tidak sama, misal mata kuliah Dasar-dasar ilmu Politik SKS nya 3.
  • IP (Indeks Prestasi) kamu akan didapat setelah UAS setiap semester, misal nilainya Mata kuliah pendidikan agama A dan seterusnya kalau dunia perkuliahan nilainya bukan bentuk angka tapi bentuk Abjad. Nilai paling bagus A dan paling renda lh D.
  • IPK (indeks Prestasi Kumulatif) IPK kamu akan mendapatkan setelah semester baik gabungan semester 1-7 atau 1-8 nah disana bakal ada angka misal IPK kamu 4 atau 3,9 dan lain-lain.
  • SIAKAD ( Sistem Informasi Akademik) istilah ini untuk seputar akademik yang dimana dilakukan secara online, baik pengisian KRS dan sebagainya seputar informasi akademik, apalagi saat Pandemi Covid-19 sangat diperlukan siakad ini.
  • KKN ( kuliah kerja Nyata) hal ini akan dilaksanakan oleh setiap mahasiswa, sebagaimana Tri Darma Perguruan Tinggi yang harus ditempuh Mahasiswa.
  • HIMA (Himpunan mahasiswa jurusan) ini adalah sebuah organisasi internal dimana didalamnya mencakup Mahasiswa jurusan, misal jurusan itu Ilmu Pemerintahan berarti Hima Ilmu Pemerintahan dan seterusnya.
  • BEM (Badan Eksekutif mahasiswa) organisasi internal yang dimana kalau di SLTA/SLTP ikenal dengan OSIS, kalau dunia kuliah namanya BEM, untuk BEM ini terhimpun dari semua jurusan, kalau di Universitas itu ada istilah BEM UNIV dan BEM FAKULTAS.
  • DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa) ini adalah dimana atasan BEM.
  • ASDOS (asisten Dosen) ini adalah seorang mahasiswa yang diamanahi untuk jadi Addis bukanlah Mahasiswa sembarang Mahasiswa, Mahasiswa yang cerdas serta mampu menggantikan dalam mengajar ketika dosen tersebut berhalangan hadir atau diajak ikut penelitian.
  • WISUDA istilah ini mungkin tidak asing, Karena pada dasarnya untuk akhir dari Mahasiswa adalah Mendapatkan gelar dan diwisuda sebuah momen berharga.

Di atas merupakan sebagian istilah-istilah yang ada di dunia kampus, mungkin masih banyak istilah lain yang harus sahabat ketahui. 

Terimakasih sudah membaca.

Semangat pejuang MABA.

@reninurlianii!

Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan