Mohon tunggu...
Reni Dwi Lestari
Reni Dwi Lestari Mohon Tunggu...

MULIALAH BERSAMA TULISANMU

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Sukseskan Pemilu 2019 Melalui Aplikasi "Ayo Jaga TPS"

15 April 2019   10:36 Diperbarui: 15 April 2019   11:16 0 4 0 Mohon Tunggu...
Sukseskan Pemilu 2019 Melalui Aplikasi "Ayo Jaga TPS"
Carabapak.com

"Siapa nih yang menang?"
"Coba deh ke TPS"
"Males ah, panas nih"


Berbagai obrolan hangat menjelang Pilpres 2019, akan mulai banyak terdengar. Dari "mau pilih yang mana" sampai "yang menang siapa", akan menjadi topik terhangat antar lapisan masyarakat di seluruh Indonesia. Bagaimana tidak, hal tersebut adalah bentuk partisipasi warga negara Indonesia dalam berkontribusi untuk menentukan pemimpin NKRI ini.

Biasanya, banyak orang yang malas pergi ke TPS untuk  melihat hasil perhitungan. Salah satu penyebabnya adalah rasa bosan mendengar ucapan SAH atau TIDAK SAH. Ada yang menganggap "Ah mending jaga anak" dan banyak lagi pola sebab musabab lainnya.

Untuk itu, terobosan terbaru melalui aplikasi berbasis platform android menghadirkan aplikasi AyoJagaTPS sebagai alternatif dalam mengawasi pelaksanaan pemilu 2019.

Aplikasi ini dihadirkan dalam bentuk sederhana, cukup dengan menggunakan NIK (Nomor Induk Kependudukan) sebagai syarat pendaftarannya. Lalu, pendaftar akan disediakan layanan opsi untuk memilih di mana TPS para pendaftar, dan setelahnya akan langsung teregistrasi.

Aplikasi AyoJagaTPS tentu sangat bermanfaat dengan cara kerja yang sangat mudah, perhatikan langkah-langkah berikut:

1. Unduh aplikasi AyoJagaTPS di Play store
2. Daftar dengan menggunakan NIK, pilih tempat TPS, lalu registrasi
3. Masuk ke aplikasi AyoJagaTPS. Disini relawan sudah dapat mengirimkan hasil form C1 Plano. Setiap relawan akan dengan mudah dalam mengirimkan form C1 Plano, dengan cukup mengirimkan rekap hasil perhitungan melalui aplikasi AyoJagaTPS dan menggunggah C1 Plano.

Dengan adanya aplikasi AyoJagaTPS, diharapkan semua masyarakat mampu berpartisipasi secara aktif dalam mengawasi jalannya pemilu. Aplikasi ini, juga mendapatkan penilaian yang positif dari Bawaslu. Menurutnya, aplikasi terobosan ini sangat mendukung dalam mengawasi jalannya pemilu dikarenakan Bawaslu sendiri tidak mungkin bekerja sendiri untuk memastikan seluruh mekanisme pemilu 2019 dapat berjalan dengan baik. Oleh karena, sangat dibutuhkan adanya bantuan, dukungan, serta partisipasi dari lapisan masyarakat Indonesia untuk turut mengawasi jalannya pemilu. Salah satunya melalui aplikasi AyoJagaTPS. Semoga bermanfaat.