Mohon tunggu...
Reni Anggraeni
Reni Anggraeni Mohon Tunggu... Lainnya - Communication Studies '21

별을 좋아하는 사람은 꿈이 많고

Selanjutnya

Tutup

Money

Ancaman Resesi Global 2023, Hal Ini yang Perlu Disiapkan!

29 September 2022   21:10 Diperbarui: 29 September 2022   21:18 229 9 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati mengingatkan ancaman resesi ekonomi dunia di tengah perekonomian global tahun 2023, resesi ini bisa mengancam penurunan perekonomian secara signifikan berupa penurunan keuntungan perusahaan, meningkatnya pengangguran, penurunan penjualan ritel, dan terjadinya kontraksi di pendapatan manufaktur untuk periode waktu yang panjang hingga kebangkrutan ekonomi.

Sebelumnya resesi pernah terjadi di Indonesia pada 1998 yang dampaknya bersifat domino pada kegiatan ekonomi sebab produksi atas barang dan jasa merosot tajam menyebabkan angka besar pemutusan hubungan kerja (PHK), melahirkan pengangguran hingga meningkatkan angka kemiskan mencapai sekitar 50 persen dari total penduduk.

Dikutip dari cnbc, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan resesi ini dipicu oleh inflasi yang tinggi akibat melesatnya harga pangan dan energi di sejumlah negara, khususnya Eropa dan AS. Inflasi tinggi memicu bank sentral di negara maju menaikkan suku bunga dan mengetatkan likuiditas.

Lalu bagaimana perencanaan keuangan yang ideal untuk menghadapi tekanan kondisi krisis resesi,

1. Menyiapkan dana darurat

Pastikan kita sudah mempersiapkan dana darurat karena tanpa dana darurat yang cukup, besar kemungkinan kita akan kehilangan aset atau terpaksa berhutang untuk memenuhi kebutuhan bulanan kita

2. Miliki asuransi jiwa

Risiko-risiko dalam hidup seperti hilangnya pendapatan karena wafatnya si pencari nafkah atau ketidakmampuan pencari nafkah untuk bekerja karena cacat tetap total, jelas harus dimitigasi. Memiliki Proteksi Jiwa adalah salah satu cara yang tepat untuk mengatasi risiko ini.

3. Hidup sederhana

Belanja sesuai kebutuhan karena konsumsi masyarakat berperan besar pada pertumbuhan ekonomi dan tetap menyisihkan uang untuk tabungan dan investasi meski tetap mendahulukan kebutuhan. 

4. Bangun bisnis sampingan 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan