Mohon tunggu...
Rendy Setiawan
Rendy Setiawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

haloooo selamat membacaaa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengenal Apa Itu Pasar: Oligopoli dan Monopolistik

2 Desember 2022   18:30 Diperbarui: 2 Desember 2022   18:33 201
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Manusia adalah makhluk sosial yang hidup saling berdampingan dan bermasyarakat dengan manusia lainnya untuk saling membantu baik dalam hal sosial, politik, spiritual, materi, individu ataupun ekonomi. dalam hal ekonomi, masyarakat bisa saling menguntungkan lewat perekonomian yang dilakukan sebagai Produsen dan Konsumen. Hubungan antara pembeli dan penjual biasa terjadi di sebuah tempat yang disebut pasar. 

Pasar memiliki banyak jenisnya. Namun yang sering kita jumpai di daerah kita adalah pasar tradisional dan pasar modern contohnya supermarket. Padahal, di zaman yang memiliki perkembangan teknologi yang pesat, pasar kini sudah menyatu dengan masyarakat dan begitu dekat dengan masyarakat seperti platform jual beli atau bisa disebut pasar online. Jika kita mempelajari mengenai pasar, maka kita akan banyak mengenal istilah-istilah pasar monopoli, pasar oligopoli, persaingan monopolistik, mekanisme pasar dan sebagainya. Dalam artikel, akan dibahas lebih detail mengenai pasar monopolistik dan pasar oligopoli beserta unsur-unsur penting yang ada di dalamnya.

 A. Pasar Oligopoli

Pasar oligopoli merupakan bagian atau bentuk dari adanya pasar persaingan tidak sempurna. Pasar oligopoli berdasarkan pengertiannya, pasar oligopoli merupakan bentuk pasar yang dikuasai oleh beberapa perusahaan dalam usaha menawarkan satu jenis produk tertentu. Denganadanya beberapa jumlah perusahaan yang jumlahnya cenderung sedikit,maka perusahaan tersebut memiliki pengaruh pada terbentuknya harga di pasar.
Pasar Oligopoli terbentuk karena beberapa hal, berikut beberapa faktor pemicu lahirnya pasar oligopoli, antara lain :

1.Adanya penerapan efisiensi skala besar Penerapan efisiensi skala besar erat kaitannya dengan adanya efisiensiteknis atau teknologi dan efisiensi ekonomi atau biaya produksi. Adanya halini akan berpengaruh pada profit atau keuntungan yang diperoleh perusahaan sesuai dengan tingkat efisiensi yang diterapkan.
Efisiensi teknis(teknologi) berhubungan dengan dua hal didalamnya, yaitu yang pertama berkaitan dengan pemanfaatan penggunaan teknologi dalam kegiatan proses produksi. Kemudian yang kedua adalah berkaitan dengan kemampuan produsen dalam hal mengolah sumber daya agar tetap optimal.Efisiensi ekonomi berkaitan dengan penggunaan biaya produksi, yangkemudian memiliki peran dalam menentukan dan menyusun biaya produksidalam upaya menciptakan sebuah produk. Produk yang dihasilkan nantinyaakan memiliki harga yang sesuai dengan kondisi pasar, sehingga ketika produk siap untuk dikeluarkan ke pasar, maka bisa dengan mudah diterimaoleh masyarakat dan tetap memberikan keuntungan pada produsen.

2. Adanya kompetensi manajamen yang lebih kompleks
adanya persaingan ketat yang bebas dalam kegiatan pasar, membuat perusahaan akan menuntut perusahaan untuk melakukan langkah langkah agar bisa bersaing dengan perusahaan lain. Dibutuhkan langkHah khusus dalam menentukan kebijakan arah manajemen dalam melakukan kegiatan perusahaan dan untuk menemukan inovasi inovasi baru agar produksi barang terus berkembang dan berkualitas, sehingga diminati oleh masyarakat 

Ciri -- ciri pasar oligopoli :

  • Barang yang diproduksi adalah barang yang standar atau barang yang berbeda corak atau bisa bersifat homogen, dan bisa juga berbeda, namun memenuhi standar tertentu.
  • Hanya ada beberapa perusahaan(penjual) yang menguasai pasar.

Umumnya adalah hanya penjual-penjual (perusahaan) besar yang memiliki modal besar saja (konglomerat). Karena ada ketergantungan dalam perusahaan tersebut untuk saling menunjang.

  • Adanya saling ketergantungan antar perusahaan (produsen).
  • Advertensi (periklanan) sangat penting dan intensif
  • Sulit Dimasuki Perusahaan Baru
  • Harga Jual Tidak Mudah Berubah

Contoh pasar oligopoli yang ada di Indonesia adalah perusahaan provider, seperti :

1. Telkomsel
Telkomsel didirikan pada tanggal 26 Mei 1995. Sampai saat ini, Telkomsel adalah perusahaan sambungan telepon seluler dengan paling banyak pelanggan yaitu sebesar 178 juta pengguna di Indonesia.

2. Indosat Ooredoo
Indosat Ooredoo yang berdiri pada tahun 1967. Ketika itu, Indosat adalah perusahaan penanaman modal asing pertama di Indonesia. Namun, saat ini Indosat beralih menjadi perusahaan yang menyediakan jasa telekomunikasi dan jaringan.

3. Three (3)
Jaringan 3 di Indonesia dioperasikan oleh PT. Hutchison 3 Indonesia. Markas Pusat 3 berada di Hongkong.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun