Mohon tunggu...
Rendy Iwan
Rendy Iwan Mohon Tunggu... Guru - Guru Seni Budaya

Happy to share knowledge, motivate others to be better and be the best he or she can be

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

RPTRA Tempat Bermain Gratis dan Aman Bagi Anak-Anak

23 Juli 2022   17:27 Diperbarui: 25 Juli 2022   09:27 73 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
RPTRA di pulau Pramuka -kepulauan seribu

Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) adalah ruang terbuka untuk tempat bermain anak-anak dan tempat berkumpul atau sosialisasi masyarakat sekitar. Di RPTRA terdapat aula untuk menyelenggarakan pertemuan, perpustakaan, tempat bermain anak-anak lengkap dengan fasilitas seperti: ayunan, prosotan, kolam ikan, dll. Ada ruang menyusui anak untuk ibu-ibu yang membawa bayi sambil menemani anaknya yang lain bermain, ada mini market, lapangan olah raga: futsal, badminton,dll tergantung dari ukuran luas RPTRA. Dilengkapi dengan cctv sehingga terpantau dan aman selama berada di RPTRA.

Idealnya disetiap RW ada 1 RPTRA. Sehingga warga masyarakat dapat berinteraksi dan bersosialisasi secara dekat dan terpadu.

RPTRA bisa dijadikan center of interest dimana anak-anak bisa latihan menari, latihan taekwondo, bermain bola atau futsal atau olah raga lainnya. Sedangkan orang-orang dewasa dapat mengadakan pertemuan RT, RW, penyuluhan, dll. Perlengkapan untuk itu disediakan di RPTRA seperti: meja, kursu, mic dan sound system secara gratis.

RPTRA di kelola oleh 6 orang pegawai yang merupakan Pekerja Harian Lepas yang kontrak oleh kelurahan setempat. Pengelola RPTRA dibina dan dilatih oleh PEMDA setempat agar dapat  mengelola RPTRA sesuai yang diharapkan Pemerintah kota.

Di RPTRA masyarakat dapat bercocok tanam, berkebun seperti menanam sayuran (kangkung, sawi, kacang panjang, timun, jagung, singkong, dll), menanam buah (jeruk, anggur, markisah, dll) dan memelihara ikan untuk dimanfaatkan bersama. 

RPTRA juga kepanjangan tangan dari PKK setempat, dimana hasil-hasil kerajinan dari ibu- ibu PKK dapat dipasarkan di minimarket RPTRA.

Kolam ikan untuk budidaya ikan lele, nila atau lainnya.
Kolam ikan untuk budidaya ikan lele, nila atau lainnya.

Kegiatan anak-anak di RPTRA
Kegiatan anak-anak di RPTRA

Para pengelola RPTRA
Para pengelola RPTRA

Pengelola RPTRA dan ibu-ibu PKK
Pengelola RPTRA dan ibu-ibu PKK

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan