Mohon tunggu...
RENDRA BC
RENDRA BC Mohon Tunggu... Guru - Guru

Menulis menjadi bagian dari sebuah hobby, dengan menulis saya mencoba mengekpresikan apa yang ada dalam pikiran

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pembelajaran Menyenangkan Berbasis Tpack (Sejalan dengan Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara)

23 November 2022   08:08 Diperbarui: 23 November 2022   08:11 256
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
 (sumber: koleksi foto pribadi)

Sifat naluriah seorang anak yaitu bermain. Bermain merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan untuk seorang anak dimana mereka bercanda satu sama lainnya, bermain merupakan cara mereka mengungkapan sebuah perasaan dengan rasa gembira, selain itu bermain adalah cara untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan yang baru atau yang baru dikenalinya.

Dari pemahaman kita tentang kodrat alami seorang anak, kita pun harus menyadari kodrat zaman yang terus bergerak dinamis dengan adanya perubahan antara proses pembelajaran  pada saat kita menjadi peserta didik dengan peserta didik pada saat ini yang kita ajar. Teknologi menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan bagi generasi sekarang. Salah satu manfaat kehadiran teknologi adalah membawa dampak kemudahan di berbagai aspek kehidupan, tidak terkecuali dalam bidang pendidikan. Oleh sebab itu, penting kiranya seorang pendidik fokus mengembangkan kerangka berpikir yang berbasis teknologi.

Pembelajaran menyenangkan berbasis teknologi yang dirancang Calon guru penggerak dengan memanfaatkan dua aplikasi permainan online yaitu proprofs.com dan wordwall.net dimana permainan yang dihadirkan dalam pembelajaran antara lain pencarian kata, teka-teki silang, roda berputar (random wheel), maze chase, whack-a-mole, dan open the box.

Langkah pertama yang dilakukan calon guru penggerak untuk merealisasikan rancangan aksi nyata adalah mempresentasikan rancangan aksi nyata yang akan dilakukan kepada kepala sekolah dan rekan sejawat agar diperoleh masukan serta saran yang dapat memperbaiki rancangan kegiatan tersebut. setelah adanya masukan dan saran yang diberikan dilakukan refleksi untuk penyempurnaan rancangan dan penyusunan pendukung lainnya.

 (sumber: koleksi foto pribadi)
 (sumber: koleksi foto pribadi)

                                                                                      Foto Kegiatan Presentasi Rancangan Aksi Nyata

                                                                                                      

Pada kesempatan tersebut Bapak Yayan Ihyanudin, S.Pd selaku kepala sekolah memberikan dukungan bahwa praktik aksi nyata ini perlu didukung dan didorong serta tidak hanya untuk calon guru penggerak saja tetapi nanti bisa dilakukan proses pembelajaran bersama guru-guru untuk memanfaatkan dua aplikasi tersebut.

Langkah kedua yang dilakukan adalah menyusun rencana pembelajaran dan menyiapkan media pembelajaran dalam bentuk aplikasi tersebut.

Langkah ketiga adalah penerapan proses pembelajaran yang dimulai dengan kegiatan pembiasaan berbaris, berdo'a, menyanyikan lagu wajib yang biasa dilakukan pada kegiatan pembiasaan senin ajeg nusantara. Proses mengingatkan peserta didik terhadap materi-materi yang telah dipelajari adalah untuk merangsang ingatan peserta didik terhadap apa yang telah dipelajari. Apakah mereka masih ingat atau tidak? Mereka masing-masing mengungkapkan apa yang diingatnya, diberikan pertanyaan pemantik untuk proses pembelajaran terus berpusat pada anak. Permainan pertama yang dilakukan dalam proses pembelajaran adalah roda berputar (random wheel).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun