Mohon tunggu...
Rendi Irna
Rendi Irna Mohon Tunggu... Wiraswasta - Digital Creator, Internet Marketer( Since. 2020 )

Tertarik dengan digital marketing dan bisnis online serta suka berbagi tentang apa yang saya ketahui dan apa yang saya lakukan dalam bisnis online saya

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Rekomendasi 5 Aplikasi yang Kamu Butuhkan Untuk Bisnis Online

8 Desember 2021   18:46 Diperbarui: 8 Desember 2021   18:54 140 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Mulai sejak pandemi menerjang, cukup banyak orang yang mulai berpindah ke usaha online. Ada peraturan Pemerlakukan Limitasi Aktivitas Warga (PPKM) ikut mengakibatkan jumlah kehadiran usaha online makin bertambah dengan beragam opsi produk dan jasa yang dijajakan. Minimal, ada 5 program pendukung yang diperlukan untuk memulai usaha online.

Walau ada limitasi aktivitas, tetapi warga bisa mendapatkan keringanan untuk penuhi keperluan mereka. Keringanan ini ada berbentuk produk yang dipasarkan lewat cara online. Calon konsumen setia perlu duduk dan lakukan transaksi bisnis lewat handphone, lalu menanti pesanan diantar.

Di lain sisi, usaha online jadi sebuah rintangan tertentu bila kamu ialah pelaku bisnis yang merencanakan sediakan produk untuk dipasarkan di internet. Tetapi tenang, dimulai dari program marketplace sampai pengendalian pegawai, program usaha online berikut dapat menolongmu memaksimalkan tugasmu. Bila efektifitas usaha bertambah, karena itu keuntungan juga siap mengalir.

1. Aplikasi Marketplace

Aplikasi marketplace ialah program wajib buat usaha online shop. Karena, program ini dapat bermanfaat untuk mendukung aktivitas usaha online kamu. Keringanan pembikinan account dan keamanan transaksi bisnis jadikan program marketplace banyak memberi warna Indonesia sekarang ini.

Tetapi, selainnya program marketplace, kamu bisa juga manfaatkan web untuk membikin online shop kamu yang semakin kompeten. Dalami bagaimanakah cara membuat web online shop dari artikel "Langkah Membuat Web Toko Online buat Kamu yang Masih Pemula", ya!

2. Aplikasi Desain Grafis

Kamu dapat manfaatkan program design grafis untuk beragam jenis wujud visual untuk memberikan dukungan usaha online kamu. Dimulai dari pembikinan simbol, header sosial media, ikon untuk web, bahkan juga membuat desain poster. Salah satunya program situs yang dapat kamu pakai ialah Canva yang dapat disamakan dengan semua keperluan visualmu.

3. Aplikasi Manajemen Media Sosial

Pengelolaan sosial media memang membutuhkan beragam detil yang jangan terlewati. Satu diantaranya ialah saat kamu harus mengurus scheduling sosial media. Selainnya untuk membikin pengingat untuk mengupload content, kamu dapat manfaatkan program seperti Hootsuite untuk mengawasi dan atur aliran media sosialmu dari 1 program.

Selainnya Hootsuite, ada juga beberapa program atau web yang dapat kamu gunakan, seperti SEMrush, Zoho, Sprout Social, dan lain-lain. Sesudah memakai program management sosial media, sekarang kamu dapat semakin bebas untuk berkreatifitas membuat content sosial media yang lebih inovatif, 'kan?

4. Aplikasi Absensi dan Timesheet

Aplikasi simpatisan usaha online yang tidak kalah penting ialah pendataan kedatangan dan timesheet digital untuk mengurus sumber daya manusia di usahamu. Salah satunya program yang dapat kamu pakai ialah Hadirr yang bisa menulis kedatangan pegawai, mengurus project dengan kerjasama dan untuk pekerjaan, dan memantau waktu kerja pegawai.

Tidak cuman bisa memberikanmu keringanan saat mengurus pegawai, tetapi mekanisme mangkirsi yang efisien dapat tingkatkan semangat pekerjamu. Akhirnya, usaha online kamu dapat jalan lebih efektif.

5. Aplikasi Penggajian (Payroll)

Selain untuk absensi dan timesheet, program yang bermanfaat untuk mengurus upah pegawai penting juga dipakai. Karena, aktivitas administratif menjadi masalah bila tidak dikontrol secara baik. Salah satunya program pengupahan online yang dapat kamu pakai untuk mendukung usahamu ialah Gadjian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan