Mohon tunggu...
Renanta Endry Pratiwi
Renanta Endry Pratiwi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa - S1 Bimbingan Konseling Universitas Negeri Surabaya

Mahasiswa S1 Bimbingan Konseling Universitas Negeri Surabaya

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pentingnya Peranan Kurikulum dalam Dunia Pendidikan

5 Juni 2022   13:50 Diperbarui: 5 Juni 2022   14:15 177 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 mengatakan bahwa, pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan secara sistematis dalam mewujudkan suasana belajar mengajar agar para siswa dapat mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara

Manajemen sekolah adalah salah satu faktor paling penting dalam menyelenggarakan pendidikan dan proses pengajaran di sekolah. Dan sekolah merupakan suatu lembaga pendidikan yang harus memberikan pelayanan terbaiknya pada masyarakat luas. 

Dengan adanya manajemen sekolah ini tentunya ada komponen-komponen di dalamnya untuk mendukung terselenggaranya pendidikan dan proses pengajaran di sekolah, salah satunya yaitu adanya kurikulum.

Sebelum membahas terkait pentingnya peranan kurikulum dalam dunia pendidikan, apa sih pengertian dari kurikulum itu?

Kurikulum merupakan salah satu komponen penting dalam terlaksananya pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan. Menurut S. Nasution menyatakan bahwa, kurikulum adalah serangkaian penyusunan rencana untuk melancarkan proses belajar mengajar. 

Selain itu, menurut Sukmadinata mengatakan bahwa, kurikulum adalah suatu rencana yang dijadikan sebagai pedoman atau pegangan dalam kegiatan proses belajar mengajar.

Dalam UU Nomor 20 Tahun 2003 pasal 1 menyatakan bahwa, kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Sehingga arti dari kurikulum adalah suatu rencana yang terstruktur dan sistematis mengenai tujuan, isi, bahan pengajaran dan metode yang akan digunakan sebagai pedoman melancarkan proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan pendidikan.

Kurikulum juga akan ikut berkembang dengan perkembangan zaman untuk memenuhi tuntuntan pendidikan. Dan perubahan setiap model kurikulum dari tahun ke tahun berguna untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan menciptakan generasi bangsa yang mempunyai kualitas sumber daya manusia yang baik dan dapat bersaing dengan bangsa lain.

Di negara kita Indonesia ini tingkat pendidikannya masih tergolong rendah. Hal ini tentunya mengakibatkan berbagai kerugian yang dialami oleh negara Indonesia. Salah satunya yaitu tingkat perekonomian penduduk bangsa Indonesia cenderung tergolong dalam tingkat perekonomian menengah ke bawah. Tentunya kondisi ini sangat memprihatinkan.

Indonesia memang memiliki sumber daya alam yang begitu melimpah tetapi tidak dapat diimbangi oleh kualitas sumber daya manusia yang baik. Akibatnya sumber daya alam yang dimilikinya dikelola oleh negara lain dan di jual kembali ke Indonesia dengan kisaran harga yang jauh lebih mahal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan