Mohon tunggu...
Renaldi Fadliansyah
Renaldi Fadliansyah Mohon Tunggu... u are never too old to learn.

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Uin Sunan Kalijaga (20107030033)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Kawula Muda, Ini 5 Tips Manajemen Keuangan yang Tepat!

15 Maret 2021   20:26 Diperbarui: 15 Maret 2021   20:58 227 11 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kawula Muda, Ini 5 Tips Manajemen Keuangan yang Tepat!
Sumber Foto: Mediamaya.net

Masa remaja adalah masa peralihan dari anak ke dewasa, seseorang mulai mempelajari banyak hal sebagai landasan kedewasaan, dalam artian banyak keterampilan yang perlu diperbaiki dan dipelajari. Salah satunya harus mempelajari bagaimana cara mengelola atau manajemen keuangan, terlebih harus bisa mengelola keuangan pribadi dahulu.

Cara mengelola keuangan pribadi anak muda saat ini bukan lagi hal yang tabu. Keuangan seringkali menjadi sebuah permasalahan yang sulit, baik bagi orang dewasa yang sudah bekerja, membuka usaha, maupun pada anak muda saat ini.  

Jika untuk para anak muda, inti mereka bukanlah bagaimana cara untuk mencari uang dan menggunakan uang tersebut sesuai dengan prioritasnya, melainkan mereka memang diharuskan untuk mengutamakan kegiatan belajar mereka pada saat ini.

Lepaskan anggapan bahwa mengelola uang itu sulit. Ada beberapa tips agar keuangan anak muda lebih teratur, mudah diterapkan dan tanpa menghambat gaya hidup. Apa aja sih? Yuk disimak.

  • Kontrol Ego

Hidup sesuai dengan kemampuan dan jangan memaksakan untuk nongkrong setiap hari. Hindari mengikuti ego dalam mengatur dan menentukan pengeluaran keuangan. Alihkan ego dengan cara berhemat demi mengumpulkan pundi-pundi uang yang bermanfaat bagi masa depan. Pengendalian ego sangat penting diterapkan karena termasuk peranan utama dalam mengatur keuangan, hal ini sering diremehkan.

Tidak semua orang yang sukses secara finansial itu memiliki pendapatan yang tinggi, mereka seringkali mampu mengendalikan ego dan intuisi mereka terhadap pengeluaran. Nah langkah awal ini mampu menunjang cara manajemen keuangan kita agar terhindar dari hal-hal yang bersifat hedon.

  • Hindari Pergaulan yang Konsumtif dan Hedonisme

Pada masa remaja pasti kita akan banyak bergaul, dan bersosialisasi. Dalam hal ini banyak sisi positif yang bisa kita ambil termasuk banyaknya relasi, tentunya kita juga mendapatkan pengalaman yang juga penting untuk di pelajari tentang pertemanan.

Tetapi salah satu sifat anak muda juga mudah terpengaruh oleh lingkungan, terlebih memilih teman sangat penting bagi anak muda. Karena teman yang baik dan tidak konsumtif akan membawa efek yang baik dan begitu pula sebaliknya.

Tidak konsumtif dalam hal ini adalah mampu memilah antara barang yang memang dibutuhkan dan tidak, serta tidak ' hangout ' secara berkala karena pasti akan memerlukan keuangan yang seharusnya bisa kita tabung.

  • Hindari Utang

Setiap orang yang mempunyai utang pasti akan sulit keluar dari permasalahan itu. Jadi cegah dan hindari dari awal, hindari berpikir tentang bagaimana menjadi kaya secara instan, karena hal ini yang membuat anak muda terjerumus ke dalam utang piutang. Baiknya kurangi keputusan untuk mengelola keuangan instan, hal ini termasuk menjaga kesehatan finansial.

Dalam agama islam juga menganjurkan kepada umat muslim untuk menghindari utang.  Perlu di ketahui bahwa utang bukanlah suatu perbuatan dosa. Tetapi, seseorang yang terbiasa utang bisa saja mengantarkannya kepada perbuatan-perbuatan yang diharamkan oleh Allah.

  • Jangan Belanja Secara Berlebihan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x