Mohon tunggu...
Renaldi Fadliansyah
Renaldi Fadliansyah Mohon Tunggu... u are never too old to learn.

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Uin Sunan Kalijaga (20107030033)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Sumbangsih Lima Dekade UNY

4 Maret 2021   14:20 Diperbarui: 4 Maret 2021   22:02 202 4 0 Mohon Tunggu...

Jika mendengar UNY terbesik dalam diri kita salah adalah salah satu perguruan tinggi terbaik diindonesia, universitas yang berlokasi dikota Yogyakarta ini sekarang sudah berdiri selama lebih dari lima dekade. Dibentuk dengan nama awal IKIP(institut keguruan dan ilmu kependidikan),diresmikan pada tanggal 21 mei 1964 oleh menteri pendidikan tingi dan ilmu pengetahuan (PTIP) pada saat itu. Kampus yang memiliki lingkungan hijau hingga dijuluki dengan The Green Campus, selain itu UNY juga menjadi salah satu universitas favorit dan cukup dipehitungkan. Mulai tahun 2008 UNY telah siap menuju World Class University.

 

Kampus yang terfokus dalam keperguruan ini banyak menuai prestasi, baik dari akdemik, olahraga maupun spritual, prestasi ini tak hanya dikancah nasional tetapi juga merambah ke mancanegara. Hal yang paling mencolok itu seperti pada Tim Garuda UNY, mereka memecahkan rekor asia dan dunia peristiwa ini terjadi pada tanggal 7 may 2019, bersamaan dengan hari pendidikan nasional Tim garuda mengikuti Driver”s World championship Regional Asia 2019. Pada kejuaraan ini uny memecahkan rekor asia bahkan dunia dengan mendapat raihan sebesar 383 km/L. selain tim Garuda.

Sejak awal berdiri UNY atau yang sebelumnya di sebut IKIP Yogyakarta institusi ini di bentuk akibat kebutuhan tenaga pengajar yang semakin tinggi masa itu. Oleh karena itu IKIP Yogyakarta didirikan sebagai salah satu institusi yang di tujukan untuk menghasilkan tenaga pengajar. Meskipun saat ini UNY sudah tidak mengkhususkan diri sebagai universitas yang menghasilkan tenaga pengajar saja tidak berarti UNY sudah tidak menghasilkan tenaga-tenaga pendidik yang berkualitas. Terhitung sejak berdiri hingga di tahun 2019 Universitas Negeri Yogyakarta telah berhasil menghasilkan sebanyak 147 guru besar hasil ini membuktikan bentuk pengabdian dan kontribusinya terhadap negeri untuk meningkatkan kualitas pendidikan bangsa. Tidak hanya itu demi meningkatkan kualitas pendidikan dalam lingkup kampus, Universitas Negeri Yogyakarta hingga tahun 2019 memiliki 369 atau 34,5% dari jumlah tenaga pendidik telah bergelar doktor.

Pada tahun 2019 UNY juga membuktikan diri sebagai salah satu universitas terbaik di indonesia melalui peningkatan kualitas pengajaran. Hal tersebut sudah dibuktikan dengan semakin meningkatnya nilai IPK kelulusan serta menurunnya masa studi kelulusan. Mahasiswa S1 di UNY di tahun tersebut rata-rata lulus dengan IPK 3,45 serta masa studi yang cukup singkat yakni sekitar 4,5 tahun saja. Hal tersebut juga mempengaruhi nilai akreditasi, 71 program studi UNY berhasil terakreditasi A. Kemudian 32 program studi lainnya terakreditasi B serta 8 sisanya yang terhitung sebagai program studi baru yang masih dalam proses akreditasi. Di tahun 2019 UNY juga berhasil menghasilkan 1.056 mahasiswa berprestasi bahkan 132 diantaranya berhasil meraih penghargaan di tingkat internasional.

Salah satu prestasi UNY sebagai lembaga pendidikan, berdasarkan survey dari Ditjen Dikti RI di tahun 2007 menyatakan prestasi luar biasa dari UNY sebagai salah satu diantara 20 universitas di Indonesia yang layak masuk (the most promosing university) ke kelas dunia. Demi meningkatkan kualitas pendidikan, tenaga pengajar, serta fasilitas yang bertaraf Internasional. Sebagai salah satu usaha demi mewujudkan cita-cita tersebut UNY membentuk tim Pengembang UNY menuju World Class University (WCU) yang di antaranya bertugas menyiapkan kisi-kisi instrument pengembangan UNY menuju WCU. Pada tahun 2007 UNY juga mulai menerapkan penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran yang di gunakan oleh kampus. Hal tersebut di buktikan dengan pengembangan media pembelajaran online secara terpadu atau E-learning UNY. Media pembelajaran secara online yang dapat diakses oleh mahasiswa dengan akses LAN maupun nirkabel melalui hotspot wifi yang melingkupi sekitar 80% wilayah kampus.

Yogyakarta (ANTARA) – Universitas Negeri Yogyakarta berkomitmen untuk selalu melestarikan dan memperkuat nilai-nilai kearifan lokal dan nasional sebagai modal yang sangat penting untuk meningkatkan keunggulan, tidak saja di tingkat nasional, tetapi juga di tingkat regional dan internasional.

Dalam tahun 2019, UNY telah berhasil mengembangkan tridharma pendidikan tinggi di segala bidang agar menjadi kampus yang berpotensi besar untuk kontribusi pada banyak sendi kehidupan di masyarakat. Dalam rangka untuk peningkatan di bidang pengajaran, UNY banyak mencetak guru besar di berbagai prodi. Dengan menetapkan target yang ambisius dan melewati catatan kinerja yang membanggakan.

Meningkatnya kualitas pengajaran juga terbukti pada meroketnya IPK lulusan, akreditasi program studi, dan menurunnya masa studi lulusan “Ini sesuai dengan semangat mencerdaskan kehidupan bangsa,” tukas Sutrisna.

Universitas Negeri Yogyakarta juga tidak hanya mengabdikan diri untuk pendidikan saja, akan tetapi UNY juga mengadakan kegiatan atau agenda pengabdian pada masyarakat. Hal ini sesuai dengan rencana UNY di tahun 2018 agar seluruh dosen UNY diwajibkan melakukan riset dan pengabdian masyarakat.

 Wujud pengabdian pada masyarakat oleh UNY juga dibuktikan dengan adanya LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat) yang memang memiliki fokus terhadap kegiatan-kegiatan tersebut. Sebagai salah satu bentuk pengabdian UNY pada masyarakat adalah dimana UNY menyediakan beasiswa bidikmisi terhadap 6.138 mahasiswa pada tahun 2019.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN