Mohon tunggu...
Budiarti
Budiarti Mohon Tunggu... Freelancer - Pengarang Bebas

Jika belum tersampaikan oleh lisan maka tuliskan

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Pengusaha Pemula Wajib Tau Beberapa Hal Ini

23 November 2022   18:44 Diperbarui: 23 November 2022   18:46 91
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

- Tujuan /goals

Memulai usaha atau pekerjaan baru kita harus tau apakah yang kita kerjakan jangka panjang atau pendek, ini penting banget karena ketika kita melaksanakannya suatu saat akan ada kejenuhan, ketika kita ingat tujuan kita adalah jangka panjang maka otomatis kita akan terus bertahan apapun yang terjadi.

- Kerjakan

Saya pernah mempunyai keinginan untuk usaha sambil kuliah, tujuan saya adalah biar bisa menambah pengalaman berjualan, biar bisa berpenghasilan dan tidak selalu merepotkan kedua orangtua saya, salah satu nya lagi saya ingin jajan atau belanja dengan puas tanpa harus mengirit jatah uang makan. 

Namun ketika saya bicarakan dengan orangtua mereka kurang setuju, mereka takut nanti kuliah saya terganggu karena fokus mencari uang, akhirnya saya tetap kerjakan jualan tanpa sepengetahuan mereka, saat itu saya mengambil dagangan satu boks berisi aneka gorengan, jualan saya sering habis, sering tidak terjual tapi itu hal biasa, dagangan yang tidak habis tanggung jawab bapak pemilik gorengan. Tugas saya hanya menjual mendapatkan seribu rupiah setiap satuannya.

Saat mengikuti salah satu seminar kewirausahaan salah satu narasumber mengatakan ide hanya menyumbang 1%, 99% nya adalah tindakan dan kerjakan.

- Evaluasi

Kenapa usaha saya belum mendapatkan untung ya? Kenapa dagangan saya belum ada yang beli?

Belum untung karena baru memulai, baru mengenalkan produk yang orang lain belum mengerti apa yang sedang kita jual, mereka belum membeli bisa jadi karena hari ini belum ada selera.

- Hadapi Rintangan

Dari rintangan spele sampai yang membuat kita ingin berhenti akan selalu ada. Kembali ke cerita gorengan yang pernah saya jual di kampus, pernah dagangan saya habis tak tersisa jika ditotal uang yang ada seharusnya bisa sampai enam puluh ribu, namun saat itu uang yang ada hanya lima belas ribu. Uang yang lumayan bagi saya seorang mahasiswa tahun 2016 saat itu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun