Mohon tunggu...
helen_s.maria
helen_s.maria Mohon Tunggu... #exploreIndonesia #explorethe world

@helen_s.maria

Selanjutnya

Tutup

Wisata Artikel Utama

Chu Chi Tunnels, Wisata Sejarah Perang Vietnam

14 Oktober 2019   13:04 Diperbarui: 15 Oktober 2019   22:34 0 6 3 Mohon Tunggu...
Chu Chi Tunnels, Wisata Sejarah Perang Vietnam
Dok. pribadi: Chu Chi Tunnels, Wisata Sejarah Perang Vietnam

Vietnam adalah salah satu negara yang sukses mengemas tempat bersejarah warisan masa perang yang mengerikan menjadi destinasi "wisata wajib" turis yang datang ke Vietnam.

Chu Chi Tunnels (Terowongan Chu Chi) dibuat sepanjang 200-an KM di dalam perut bumi, seperti terowongan rumah semut di dalam tanah. Sepanjang 121 KM dari bagian terowongan masih diabadikan dan bisa dikunjungi sampai sekarang. 

Bukan hanya sebagai tempat persembunyian, kegiatan yang mestinya di lakukan di atas tanah, menjadi menakjubkan karena dikerjakan di dalam tanah oleh (Viet Cong) Vietkong seolah-olah mereka adalah peri mini yang bisa bergerak seperti semut di dalam tanah. 

Ruang-ruang  dibuat di dalam tanah untuk bisa melakukan kegiatan hidup sehari-hari selama perang. Dari diorama dan ruang peraga kita bisa melihat dan merasakan berada di ruang pengobatan, membayangkan bagaimana  operasi dilakukan untuk para pejuang yang terluka. 

Dapur umum tempat memasak, ruang jahit pakaian perang, ruang produksi alas kaki, ruang meeting, ruang untuk anak-anak dan wanita dan ruangan lainnya. 

Berada di tempat ini saya jadi ingat film berlatar perang Vietnam yang pernah saya saksikan, kemudian seperti bisa membayangkan bagaimana mereka hidup di dalam terowongan ini, dan musuh berjalan di atas terowongan ini.

Ruang gerak dan fasilitas pastinya sangat terbatas. Ketakutan, suara tembakan dan bom yang memekakkan telinga, luka dan kesakitan, semua perjuangan rakyat Vietnam melawan musuhnya, salah satunya adalah negara super power Amerika. 

Perang Vietnam tidak dapat dipisahkan dari pasukan Vietkong yang luar biasa pintar. Bermodalkan fasilitas seadanya, mereka mengandalkan taktik dan strategi cemerlang untuk bisa  mengalahkan musuhnya. 

Amerika saat itu sudah memiliki armada perang dan senjata yang jauh lebih canggih. Apalah Vietnam saat itu? Dari foto-foto sejarah tergambar bagaimana keadaan Vietnam tampak tidak sebanding sebagai lawannya Amerika.

Seperti para pejuang Indonesia saat melawan penjajah, fasilitas perang  juga masih sederhana dan seadanya. Cara gerilya juga digunakan oleh Vietkong. Kuncinya adalah harus menguasai medan, membuat tempat persembunyian, tidak terlihat namun bisa melihat dan mampu melumpuhkan musuh.

Dokpri: Chu Chi Tunnels, Wisata Sejarah Perang Vietnam
Dokpri: Chu Chi Tunnels, Wisata Sejarah Perang Vietnam

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
KONTEN MENARIK LAINNYA
x