Mohon tunggu...
helen_s.maria
helen_s.maria Mohon Tunggu... Administrasi - #exploreIndonesia #exploretheworld ... Bersyukur untuk kesempatan, waktu, kesehatan dan rezeki yang Tuhan berikan

@helen_s.maria

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Edisi Akhir Pekan, Menyelam di Pulau Sepa

22 Maret 2018   19:11 Diperbarui: 23 Maret 2018   09:07 1267
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Akhir pekan tanggal 10 - 11 Maret 2018 saya melintasi perjalanan laut dari Dermaga 19 Marina, Ancol menuju Pulau Sepa Resort di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Bersama group penyelam Anak Laut; Mba' Itha, Dwi, Lola, Willy, There, Tafa, Rara, yang sudah saya kenal ditambah dua teman baru; Reza dan Uli. Jakarta pagi ini agak berawan, suasana jadi teduh gimana gitu ??:).  Kali kedua saya mengunjungi Pulau Sepa, setelah kunjungan pertama sekitar lebih dari sepuluh tahun lalu hahaha. 

dokpri
dokpri
berangkat kuys
berangkat kuys
Kapal Sepa Paradise, walaupun tanpa AC tetap membuat saya tertidur selama perjalanan, dan terbangun saat sudah hampir sampai di tujuan.

Merapat
Merapat
Pulau Sepa
Pulau Sepa
masih kering
masih kering
Dermaga
Dermaga
Sementara menunggu kamar yang belum siap, kami menyiapkan alat selam di bungalow dermaga. Disuguhi "kelapa kotak" segar. Sekarang, kelapa tidak lagi bulat hahaha.  Mas Doni dibantu oleh mas Mamat menjadi pemandu kami. 

kelapa kotak
kelapa kotak
Bungalow
Bungalow
tabung
tabung
Setelah semua siap, tapi belum saatnya makan siang, kami briefing untuk penyelaman pertama / check dive di sekitar dermaga.

Briefing
Briefing
yterumburupa
yterumburupa
Barisan tiang-tiang dermaga menjadi pemandangan yang kami nikmati saat hampir selesai. Menyaksikan gerombolan ikan-ikan kecil. Kata kakak Tafa, schooling ikan kecil di dermaga ini adalah "Arborek nya Raja Ampat ala Kepulauan Seribu", wuiiihhhh keren!!

gerombolan si kecil
gerombolan si kecil
1521677397616-5ab39151cbe523314c369802.jpg
1521677397616-5ab39151cbe523314c369802.jpg
Difotoin  oleh kakak Tafa yang menggunakan  Gopro Hero5, hasilkan keren, terima kasih kakak. Asyiknya bisa saling jepret, jadi punya foto kenangan. 

ehem ehem, aku keren kan ??!!
ehem ehem, aku keren kan ??!!
tiang dermaga
tiang dermaga
Kakak Tafa
Kakak Tafa
kakak Dwi
kakak Dwi
Penyemalan kedua kami setelah makan siang. Tapi saya lupa mengambil gambar penampakan  makan siang hari ini. Saya hanya mengambil foto menu snack pisang goreng enak, kopi dan teman-temannya hari ini yang membahagiakan perut.

1521716036547-5ab3958acbe523338d7c2662.jpg
1521716036547-5ab3958acbe523338d7c2662.jpg
Beberapa foto jepretan biota laut yang menyenangkan mata. Tidak banyak foto yang bisa diambil karena visibility yang kurang baik.

soft coral
soft coral
nemo
nemo
couple Rara Reza
couple Rara Reza
diver in action
diver in action
Malamnya, karena alasan belum pernah, saya ingin merasakan menyelam malam di Pulau Sepa. Sekitar jam 18:30 ditemani Doni kami turun dari dermaga. Ada dua tamu lain yang juga menyelam malam, jadi kami bareng berempat. Bertemu dengan beberapa biota laut ukuran macro; "shaun the sheep" nudibranch dan udang. Hampir satu jam kami menyelam, tapi foto tidak maximal karena strobe error. 

Selesai menyelam, saya bergabung dengan teman-teman yang sudah selesai makan malam.

Setelah seharian beraktifitas, akhirnya saya masuk kamar juga hahaha. Sejak siang saya belum masuk kamar karena biasanya kalau sudah di kamar, apalagi ada AC dan tempat tidur, saya suka tergoda untuk berleyeh-leyeh. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun