Mohon tunggu...
helen_s.maria
helen_s.maria Mohon Tunggu... Administrasi - #exploreIndonesia #exploretheworld ... Bersyukur untuk kesempatan, waktu, kesehatan dan rezeki yang Tuhan berikan

@helen_s.maria

Selanjutnya

Tutup

Travel Story

Kurasi Akhir Tahun, #Mydivemystory

12 Januari 2018   19:58 Diperbarui: 12 Januari 2018   21:18 614
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tidak terasa tahun 2017 sudah dilewati oleh  Helen_s.maria yang suka jalan-jalan dan  melakukan beberapa perjalanan. Melalui Kompasiana, saya menyimpan dan membagikan rekaman perjalanan dalam bentuk tulisan, foto dan video. 

Disini saya  memenuhi komitmen  untuk menulis setiap pulang ngetrip. Kompasiana, media tempat saya  menyimpan dan membagikan rekaman perjalanan dalam bentuk tulisan, foto dan video. Tulisan kali ini,  saya   membuat kurasi lima artikel kegiatan saat menyelami keindahan bawah laut Nusantara, hanya di Indonesia. 

Membacanya lagi  membawa saya  kembali ke masa yang telah menjadi kenangan. Saya menulis karena kemampuan otak saya sebagai manusia  tidak mampu menampung dan mengingat semua kisah perjalanan tersebut. Setiap perjalanan yang sudah saya lakukan; kemanapun, dengan siapapun dll punya kesan dan kenangan  masing-masing. 

Kenangan  indah menyenangkan  tidak ingin  dilupakan, kenangan sedih yang tidak menyenangkan sering tidak mudah dan cepat untuk  dilupakan. Setiap kenangan adalah bagian dari perjalanan hidup, bagian dari waktu yang tidak bisa diulang, goresan yang  tidak bisa dihapus,  tidak bisa dilenyapkan. 

Demikian juga dengan kegiatan menyelam. Saat satu penyelaman dilakukan, ada banyak hal yang  terekam dari hasil mata melihat, telinga mendengar, kulit menyentuh, mulut mengatur nafas, hati merasa, otak berfikir,  dll.  Mengulang ditempat yang sama, akan  berbeda lagi rekamannya. Dalam hitungan singkat kemungkinan besar sudah akan lupa biota apa  saja yang dilihat.  

Saat kemudian  menyelam lagi di tempat berbeda, di bagian pulau yang lain, di musim yang sudah berganti, teman yang berbeda juga, aaahh saya tidak akan sanggup untuk mengingat semua itu, itu alasannya saya menulis dan mengambil gambar. 

Ada ratusan spot menyelam dan setiap spot tersebut mempunyai cerita. 

* Saat menyelam di  Laut Anak Krakatau saja ada lima spot yang punya kisah masing-masing. 

* Teluk Mandeh saat  menjadi peserta Underwater Photography Competition juga punya banyak cerita. 

* Laut Pulau Pramuka,  walaupun sudah berkali-kali kesana, setiap moment punya pengalaman berbeda

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun