Mohon tunggu...
Remy Riverino
Remy Riverino Mohon Tunggu...

....................Ingin selesai dengan diri sendiri...........................

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Ternyata Jack The Ripper Seorang Yahudi

9 September 2014   03:21 Diperbarui: 18 Juni 2015   01:15 308 1 1 Mohon Tunggu...

Akhirnya misteri terbesar dunia kriminal Inggris tentang siapakah dibalik sosok legendaris Jack The Ripper (JtR) dapat dipecahkan. Ternyata sosok sang pembunuh berantai tersebut adalah seorang Yahudi Polandia yang bernama Aaron Kosminski.

Seperti yang diberitakan oleh The Mirror bahwa berkat terobosan mutakhir uji DNA yang diambil dari noda pada selendang yang berumur 126 tahun milik salah satu korban JtR, diklaim telah teridentifikasi Aaron Kosminski, 23 tahun sebagai JtR, sang pembunuh berantai yang menakutkan Kota London pada abad ke-19 tersebut.

Kosminski adalah seorang Yahudi Polandiayang melarikan diri dari eksekusi Rusia ditanahairnya dan menjadi imigran di Inggris pada tahun 1881. Kosminski datang bersama keluarganya dan menetap di Mile End Old Town, London.

Pada saat itu, Kosminski merupakan salah satu dari 6 (enam) orang yang sudah ditetapkan sebagai tersangka kunci pembunuhan berantai yang telah menewaskan 5 (lima) orang wanita PSK dan sejak itu ia dalam pengawasan polisi London.

Dalam catatan Kepala Inspektur Donald Swanson, polisi yang pertama kali menangani kasus JtR tercatat bahwa Kosminski adalah seorang pembenci wanita dan tempat tinggalnya hanya berjarak 200 meter dari salah tempat tempat pembunuhan terjadi. Namun tidak pernah ada cukup bukti untuk membawanya ke pengadilan untuk dihukum.

Kosminski diduga mengindap paranoid skizofrenia dimana kemudian hari-harinya dihabiskan di rumah sakit jiwa dari tahun 1891 sampai akhirnya meninggal pada tahun 1899 pada usia 53 tahun.

Berawal dari selendang usang

Terungkapnya misteri Jack The Ripper ini berkat keinginan kuat seorang pengusaha property, Russel Edwards yang punya tekad untuk menguak kedok pembunuh berantai tersebut. Keinginannya ini terinspirasi setelah menonton Film Johnny Deep “From Hell” (2001).

Dan secara kebetulan pada tahun 2007, Russell Edwards mendengar tentang selendangmilik wanita bernama Catherine Eddowes, salah satu korban JtR akan dilelang maka ia langsung membelinya dan syukur selendang usang tersebut ternyata tidak pernah dicuci setelah diwariskan turun temurun.

Kemudian, Edwards meminta bantuan Dr. Jari Louhelainen, dosen senior ahli biologi molekuler di Liverpool John Moores, untuk memeriksa bukti satu-satunya forensik tersebut. Dari analisis ilmiah beberapa tahun terhadap selendang bernoda darah dan mencari keturunan dari Catherine Eddowes dan Kosminski akhirnya coding DNA terbukti cocok 100% untuk identitas tersangka, Aaron Kosminski.

Jack The Rapper

JtR atau Jack sang Pencabik adalah julukan paling terkenal yang diberikan kepada pembunuh berantai tak dikenal yang korbannya kebanyakan dari kalangan wanita berprofesi pekerja seks komersial. Beroperasi di kawasan kumuh dan miskin di sekitar distrik Whitechapel, London Timur, pada tahun 1888. Julukan ini berasal dari sebuah surat yang ditulis oleh seseorang yang mengaku sebagai pembunuh, yang kemudian disebarkan di media.

Jack the Ripper membunuh sedikitnya 5 (lima)wanita lalu memutilasi tubuh korbannya (diyakini lebih 100 korban). Ia memotong leher korbannya, mengeluarkan beberapa organ dalam danmeninggalkan tubuh korbannya di gang-gang Whitechapel London yang gelap.

Lebih dari 100 tersangka salah diidentifikasi sebagai Ripper - yang paling terkenal cucu Ratu Victoria, Pangeran Albert Victor, Duke of Clarence.Lainnya termasuk pelukis pasca-impresionis Walter Sickert dan mantan Perdana Menteri Liberal William Gladstone. (Catatan : Dibeberapa Berita Online Indonesia nama-nama yang salah diidentifikasi sebagai Ripper dinyatakan sebagai korban Ripper jadi ada sedikit kekeliruan isi berita). SALAM KOMPASIANA.

SUMBER :

http://www.mirror.co.uk/news/uk-news/jack-ripper-murder-mystery-solved-4177665#ixzz3Ceh7zy4u

http://www.mirror.co.uk/news/uk-news/jack-ripper-murder-mystery-solved-4179383

http://www.mirror.co.uk/news/uk-news/jack-ripper-murder-mystery-how-4180390.

http://id.wikipedia.org/wiki/Jack_the_Ripper

VIDEO PILIHAN