Mohon tunggu...
Rembulan Permata
Rembulan Permata Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Trisakti School of Management

Accouting 18

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Can We All be Joyful at Work?

30 Juli 2021   12:57 Diperbarui: 3 Agustus 2021   11:45 68 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Can We All be Joyful at Work?
photo-1600880292203-757bb62b4baf-6108c9fdb337b32aa95d63e2.jpg

Banyak dari kita pasti pernah merasa bosan melakukan pekerjaan kita. Ntah pekerjaan dari sekolah, tugas-tugas kuliah, ataupun pekerjaan-pekerjaan lain yang sedang dikerjakan. Bahkan bagi seorang pekerja atau karyawan, sering kali mereka mempertimbangkan untuk berhenti dari pekerjaan mereka dan merasa bahwa ia tidak dibayar cukup untuk didedikasi dan layanan yang ia tawarkan pada perusahaan tempat ia bekerja.

Kebahagiaan dan kepuasan adalah konsep subjektif yang dapat disamakan dengan kepuasan kerja. Beberapa mungkin berusaha keras untuk mendapatkan pengakuan atas kerja keras mereka dan kehilangan motivasi karena gagal mencapainya. Salah satu syarat penting untuk mendapat kesenangan di lingkungan kerja adalah dengan memiliki lingkungan yang ramah. Apapun standarnya, merasa puas dengan karir kita adalah hal yang sangat penting untuk menjaga "work-life balance"

Out of every goal human beings want to attain, happiness is usually the greatest

What is Workplace Happiness ?

Kebahagiaan di tempat kerja bukanlah sebuah investasi atau return yang baik, melainkan lebih dari itu. Factor individu seperti ciri-ciri kepribadian, tingkat persepsi, dan kecerdasan emosional memengaruhi sejauh mana kita merasa nyaman dalam situasi professional. Menurut Shawn Achor (2011) dalam bukunya yang berjudul "The Happiness Advantage" menyatakan bahwa perusahaan dengan karyawan yang bahagia dapat meningkatkan penjualan mereka sebesar 37%, produktivitas sebesar 31% yang secara langsung berkontribusi dalam membangun lingkungan kerja, berkinerja tinggi dan meningkatkan kualitas pekerjaan mereka.

Workplace Happiness Matters

Merasa bahagia atau senang adalah langkah awal untuk melakukan suatu kegiatan dengan sukses. Bila kita menanamkan rasa bahagia sejak awal mengerjakan sesuatu, maka selanjutnya pekerjaan kita akan terasa menyenangkan dan hasilnya pun akan sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Pertama, kebahagiaan melipatgandakan kesuksesan.

Kesuksesan kebahagiaan di tempat kerja bisa menyebar seperti api. Karyawan yang merasa senang dalam melakukan pekerjaannya merupakan contoh yang baik bagi orang yang kurang termotivasi. Kebahagiaan di tempat kerja secara langsung berkorelasi dengan peningkatan produktivitas dan kinerja kelompok yang lebih baik di tempat kerja.

Kedua, kebahagiaan membangun kepositifan

Pikiran yang bermasalah dapat mengubah pola pikir kita menjadi negative. Ketika kita bekerja karena paksaan dan tidak merasa bergairah pada kontribusi kita terhadap kesuksesan organisasi, pikiran kita akan mudah lelah. Kita bisa menjadi stress dan kehilangan focus. Sebaliknya, seseorang yang professional memiliki perasaan positif yang kuat pada pekerjaannya niscaya akan lebih semangat dan focus dalam membangun dirinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x