Mohon tunggu...
rekan arief
rekan arief Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Pentingnya Asuransi untuk Mengurangi Hambatan Finansial Masyarakat di Era Milenial

14 Maret 2019   08:04 Diperbarui: 15 Maret 2019   06:22 0 0 0 Mohon Tunggu...
Pentingnya  Asuransi untuk Mengurangi  Hambatan Finansial Masyarakat di Era Milenial
Arief Wibisono, Calon Legislatif dari Partai Perindo Peduli Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat Kota Mojokerto Melalui Program Asuransi (dokpri)

Lebih baik mencegah daripada mengobati, begitulah salah satu peribahasa yang saat ini kita perlukan untuk melindungi kesehatan diri kita maupun seluruh  keluarga tercinta. Peribahasa tersebut juga dapat mengambarkan kegunaan asuransi kesehatan. sebaiknya kita mencegah hal yang tidak baik, musibah yang bisa terjadi atau sakit yang kita alami dengan menyiapkan asuransi kesehatan sebelum sakit.

Di era milenial sekarangpun, biaya rumah sakit sangatlah mahal. Karena peralatan medis dan berbagai macam model terapi juga mengikuti perkembangan teknologi membutuhkan maintenance serta perawatan berkala yang mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Dirawat selama beberapa hari di rumah sakit pada saat ini pasti kita mengeluarkan biaya sampai jutaan rupiah. Kalau kita bayangkan betapa terganggunya financial rumah tangga kita bila harus mengeluarkan sejumlah uang secara mendadak dan tidak dapat kita hindari.

Solusi yang paling tepat adalah dengan memiliki asuransi kesehatan, karena dengan memiliki asuransi kesehatan baik BPJS maupun asuransi swasta lainnya seperti Asuransi Cigna, ketakutan pengeluaran biaya yang besar tidak perlu terjadi karena biaya pengobatan akan ditanggung oleh perusahaan penyedia asuransi. Meski demikian, banyak orang masih enggan untuk mengikutsertakan dirinya dalam asuransi kesehatan.

Menyediakan dana ataupun menyisihkan anggaran untuk asuransi sebenarnya merupakan sebuah wujud tanggung jawab kita kepada pasangan dan keluarga. Berarti apabila sewaktu waktu kita jatuh sakit dan membutuhkan biaya pengobatan yang cukup besar, kita tidak membebani pasangan dan keluarga karena sudah mempersiapkan pihak yang akan menjamin biaya pengobatan tersebut, yaitu perusahaan asuransi kesehatan seperti BPJS maupun asuransi swasta seperti Asuransi Cigna. 

Asuransi kesehatan swasta seperti asuransi Cigna juga wajib dimiliki apabila kita memang memiliki alokasi biaya yang cukup untuk kesehatan. Hal seperti ini membuat kita merasa lebih aman dan nyaman, karena bisa memilih pelayanan kesehatan yang lebih baik, cepat dan lebih tanggap.

Apabila kita sudah memiliki dua asuransi kesehatan, yaitu BPJS dan asuransi swasta seperti Asuransi Cigna, kedua asuransi ini umumnya bisa dimanfaatkan secara bersamaan bila sedang menjalani rawat inap di rumah sakit.

Contoh saja, kita terdaftar sebagai peserta BPJS  kesehatan dengan jatah ruang rawat inap kelas 2, dengan memiliki dua jenis asuransi tersebut bisa naik kelas menjadi kelas 1 atau kelas VIP, tentunya dengan berkoordinasi manfaat (coordination of benefit) antara asuransi kesehatan swasta seperti asuransi Cigna dengan BPJS.

Pastikan diri anda dan seluruh keluarga anda memiliki asuransi kesehatan  yang baik karena asuransi kesehatan sangatlah penting. Salah satu tujuan memiliki asuransi tentu saja untuk menjamin biaya kesehatan anda dan keluarga apabila sewaktu waktu jatuh sakit atau tiba tiba didiagnosa memiliki penyakit dan harus operasi menurut Arief Wibisono Caleg Partai Perindo yang peduli dengan kesehatan melalui program asuransi bagi masyarakat kota Mojokerto.

Sakit ataupun penyakit merupakan. Sesuatu yang tidak dapat kita hindari, namun kita dapat mengetahui kapan dan siapa yang akan sakit atau terjangkit penyakit. Orang tua, pasangan, anak anak, atau bahkan diri kita sendiri bisa sakit.

Biaya medis yang cukup mahal. Ketika kita sakit, biaya yang akan kita keluarkan tentu tidak sedikit, khususnya pada beberapa jenis penyakit yang tergolong berat.

Apabila hal ini terjadi, masalah finansial bisa menjadi hambatan yang merintangi dan menjadi sesuatu hal yang tidak kita harapkan. 

Penting sekali keberadaan asuransi kesehatan bagi keluarga, paling tidak untuk menunjang biaya yang muncul akibat berbagai gangguan kesehatan, misalnya biaya pengobatan, rawat inap rumah sakit, atau bahkan biaya terapi yang rutin  wajib dilaksanakan untuk proses pemulihan kesehatan.

Solusi paling tepat adalah memiliki asuransi kesehatan baik BPJS maupun asuransi swasta seperti asuransi Cigna untuk mengurangi bahkan menghilangkan hambatan finansial yang dapat terjadi karena sakit. (RAW).