Mohon tunggu...
Reis Rivaldo R
Reis Rivaldo R Mohon Tunggu... MIND SHAPES YOU AND WORDS REPRESENT YOU

Mhs. Hubungan Internasional ak. 2017. Membuka diri untuk menerima kritik, masukan, dan arahan dari teman-teman pegiat literasi, akademisi, aktivis, kaum rebahan, personil militer aktif, seniman, influencer, dan pemangku kebijakan. Berniat untuk berbagi ilmu dan bertukar pikiran ? saya bisa dihubungi di 085705095046

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

12 Kegiatan Santai-Produktif untuk Maksimalkan Waktu Kosongmu, Teman!

18 April 2020   14:33 Diperbarui: 19 April 2020   17:04 691 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
12 Kegiatan Santai-Produktif untuk Maksimalkan Waktu Kosongmu, Teman!
listening-to-music-5e9aa652d541df6345273c72.jpeg

 Assalamualaikum teman setia penikmat Kompasiana... kabar baik kan? Sure Hope we are always be blessed and lucky for entire day...

Pepatah Arab mengatakan "Waktu ibarat Pedang, jika bukan kamu yang menggunakannya, maka dia akan menebas-mu" di samping itu juga disebutkan "di antara waktumu wahai pemuda, waktu kosong berpotensi untuk bisa merusak dirimu".

Wah, ternyata waktu kosong ini berbahaya sekali jika kita sebagai insan yang masih berjiwa merdeka dan punya banyak kesempatan untuk meningkatkan kualitas diri tidak memanfaatkannya semaksimal mungkin. Sebelum masuk jauh ke konten, penulis mau sedikit memberikan definisi tentang produktif nih supaya teman-teman penikmat artikel ini dan penulis bisa satu frequensi, hehe

Jadi, Kegiatan produktif dapat diasosiasikan (dikumpulkan) dalam konotasi kata positif. Secara umum produktif memang bermakna: melakukan kegiatan yang dapat menghasilkan sesuatu; berkaitan dengan kuantitas. Namun dalam artikel ini, penulis hendak menggariskan bahwa seorang yang produktif tidak tentu dia harus melakukan aktivitas menghasilkan profit berupa materil, tapi bagaimana dia bisa mengelola waktu yang dia miliki untuk melakukan aktivitas tertentu yang berdampak positif bagi dirinya.

Sesuatu apa yang dihasilkan ? yaitu dia dapat menghasilkan kredit atau nilai yang penting bagi pembangunan kualitas dirinya. Dia melakukan kegiatan yang mendatangkan manfaat yang berfungsi untuk membantu mengembangkan pribadinya yang lebih baik. Kemudian makna santai, santai berarti melakukan sesuatu tanpa harus membutuhkan kinerja otak yang berat. Singkatnya, artikel ini akan menguraikan bentuk-bentuk kegiatan yang bermanfaat bagi perkembangan diri, tanpa perlu melelahkan otak sambil having fun..!

Kalau begitu, maka apa saja macam-macam kegiatan santai namun tetap produktif buat kita semua yang bisa dilakukan ketika lagi luang, apalagi di masa dirumah aja sekarang. Mari selesaikan membaca artikel di bawah ini...

1. Mendengarkan Lagu

Orang yang biasa mendengarkan musik tentu dalam dirinya sudah ada komposisi jiwa seni, setidaknya penikmat seni audio atau suara. Mendengarkan musik dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, terlebih saat ini teknologi sudah semakin maju memungkinkan penikmat music bisa memiliki headset dari jenis biasa hingga nirkabel, dari kualitas bass terdengar biasa hingga menghentak telinga.

Dilansir dari situs doktersehat.com, bahwa dengan mendengarkan musik bisa meningkatkan kecerdasan verbal seseorang dan meningkatkan IQ serta kinerja akademik. Tidak heran, karena ketika menikmati music seperti mendengarkan lagu bergenre apapun itu selama terdapat lirik lagu yang dapat didengar dengan jelas, maka ketika itu pula telah terjadi proses transfer makna dan rasa dari lagu kepada otak pendengar musik.

Karena itu juga, orang akan mendengarkan lagu sesuai dengan jiwa dan keadaan suasana hatinya. Musik dapat bermain dan menjadi jembatan antara rasa, jiwa, dan logika. Disitulah teman-teman, salah satu indicator lagu yang bagus dapat dinilai dari seberapa dalam makna lirik yang ditulis oleh composer atau penyanyi.

2. Memainkan Game

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x