Mohon tunggu...
Regy Pratama Rusdiansyah
Regy Pratama Rusdiansyah Mohon Tunggu... Student of Padjadjaran University

Last Year Student

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Ikan Gulung, Apa Itu?

24 November 2020   19:20 Diperbarui: 24 November 2020   19:28 23 0 0 Mohon Tunggu...

Oleh :  Regy Pratama Rusdiansyah1 dan Junianto2

  • Mahasiswa Program Studi Perikanan Unpad
  • Dosen Program Studi Perikanan Unpad

Hallo sobat bahari! Kalian pernah ngga sih main tebak tebakan? Yaa contohnya kaya judul kita diatas. Menurut kamu ikan yang rasanya enak dimakan ikan apa sih tau ngga sobat? Kalo ngga mending simak yuuk hal hal seru dibawah ini. Nah naah kita mulai dulu aja yuk dari sterotype mengenai ikan. 

Banyak orang berfikiran kalo makan ikan yaudah diolahnya paling di goreng, di sup atau dibakar. Iya gaaak? Nah terus biasanya ngga semua orang juga tuh suka makan ikan, alasan yang paling umum sih karna bau amis terus rasanya kurang cocok gitu deh sama selera orang orang. Bukan cuman itu biasanya orang suka males makan ikan karna harus memisahkan duri dari dagingnya dulu dan itu bikin bt apalagi kalo lagi nikmat nikmatnya makan terus keselek duri ikan  hahaha.

Eitsss tapi tunggu dulu, sekarang perkembangan teknologi sudah makin canggih sehingga permasalahan mengenai ketidak nyamanan makan ikan itu sudah ada solusinya. 

Dalam era serba modern ini produsen melakukan banyak research dengan tujuan survey kepuasan, kesukaan dan kelayakan produk langsung kepada konsumen. Hal ini dilakukan tidak lain untuk menjadikan produk yang diciptakan sesuai dengan keinginan konsumen. Banyak sekali produk olahan perikanan diataranya adalah kaki naga, ekado, eggroll, nugget ikan, fishroll dan masih banyak lagi.

Naah sobat tau ngga mengenai fishroll itu apa? Jadiii fishroll atau dalam bahasa indonesia artinya ikan gulung adalah salah satu bentuk produk diversifikasi

Menurut Yuliari dan Riyadi (2015) Diversifikasi merupakan kegiatan penganekaragaman produk dengan tujuan memberikan nilai tambah dan pada akhirnya akan membuat produk tersebut memiliki harga yg lebih tinggi dipasar, memperluas pasar dan segmentasi konsumen serta membuka lapangan pekerjaan untuk produsen skala industri. Nilai tambah dalam proses produksi fishroll adalah pengolahan, pengawetan, pengemasan dan pemasaran.

Penglahan produk perikanan salah satunya membuat fishroll menjadi salah satu pilihan bagi nelayan dalam meningkatkan perekonomianya. Sobat bahari juga jangan lupa untuk membeli produk olahan perikanan yaa karna dengan membeli produk tersebut sobat bahari secara langsung mendukung produk olahan tersebut berkembang dan memberikan pendapatan bagi orang orang yang terlibat dalam produksinya tersebut.

Naaaah jadii sobat bahari sekarang sudah tau kan yaa mengenai ikan yang enak tuuh apaa??? Yup jawabanya produk diversivikasi yang diolah menjadi banyak tipe salah satunya fishroll hehe

VIDEO PILIHAN