Mohon tunggu...
regyna kamilasukma
regyna kamilasukma Mohon Tunggu... 🦖 i'm a dinosaur

bisa pasti bisa

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Anime Buruk bagi Bangsa?

22 November 2020   19:45 Diperbarui: 22 November 2020   19:57 12 1 0 Mohon Tunggu...

Anime adalah animasi atau kartun yang berasal dari jepang. Kata anime merupakan singkatan dari "animation" dalam bahasa Inggris, yang merujuk pada semua jenis animasi. Di luar Jepang, istilah ini digunakan secara spesifik untuk menyebutkan segala animasi yang diproduksi di Jepang. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa anime dapat diproduksi di luar Jepang. Beberapa ahli berpendapat bahwa anime merupakan bentuk baru dari orientalisme. Anime pertama yang mencapai kepopuleran yang luas adalah Astro Boy karya Ozamu Tezuka pada tahun 1963. Banyak orang yang menganggap anime itu buruk bagi penerus bangsa. Mengapa demikian?

Anime sudah sangat berkembang jika dibandingkan dengan anime zaman dulu. Dengan grafik yang sudah berkembang sampai alur cerita yang lebih menarik dan seru. Banyak yang menyukai anime atau menonton anime karena pandemi COVID-19 dan karena adanya PSBB di indonesia membuat masyarakat termasuk teman teman saya harus berdiam diri di rumah maka dari itu agar mereka bisa menghibur dirinya sendiri mereka mencoba untuk menonton anime. Anime memiliki gendre yang sangat banyak sama dengan hal nya film biasa, anime tidak hanya untuk anak kecil saja.

Anime sangat di sukai oleh semua kalangan dari anak kecil hingga orang dewasa bahkan hampir semua negara menonton anime. Tidak hanya satu atau dua orang yang menganggap bahwa anime berbahaya atau menjadi dampak buruk bagi bangsa indonesia. Setelah saya melihat dan banyak mencari info mereka yang tidak menyukai anime merasa anime itu menjijikan dan tidak baik untuk bangsa indonesia karena anime mempunyai budaya yang berbeda dengan indonesia. Mereka menganggap anime membawa pengaruh terhadap kehidupan orang yang menonton anime sehingga orang yang menonton anime lebih mencintai budaya jepang daripada budaya indonesia. Banyak penggemar anime yang tidak bisa memilih gendre dengan baik untuk mereka tonton. saya melihat banyak konten di tiktok yang menonton anime bertemakan boy love (BL). BL adalah anime yang menceritakan romansa seorang laki-laki dengan laki-laki lagi. mereka yang tidak menyukai anime menganggap cerita BL bisa menimbulkan adanya LGBT dan mengancam bangsa indonesia. 

dengan demikian adanya masalah atau isu tersebut menurut saya boleh saja menonton anime tetapi harus bisa memilih gendre yang baik. Banyak anime dengan gendre yang baik dan memberikan kita banyak pelajaran entah itu pelajaran di sekolah atau pelajaran kehidupan dan bersosial. Semua hal di dunia ini memiliki siai baik dan sisi buruknya tergantu diri kita yang menonton nya apakah bisa memilah dan memilih hal baik dan mebuang hal yang buruk nya. Awasi anak atau kerabat kalian saat menonton anime dan berikan pengertian yang baik dan buruk nya agar tidak terjerumus ke hal yang negatif.

VIDEO PILIHAN