Mohon tunggu...
Regita Noviyani
Regita Noviyani Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Universitas Aisyiyah Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pembelajaran Kuliah Daring Masa Pandemi

27 Januari 2022   13:03 Diperbarui: 27 Januari 2022   13:11 74 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Penyebaran virus Covid-19 yang meningkat memberikan dampak besar bagi mahasiswa Unisa untuk melakukan pembelajaran luring atau tatap muka. Unisa merupakan perguruan tinggi swasta yang berada di Yogyakarta. Di masa pandemi ini sosial media sekarang menjadi bahan pembelajaran mahasiswa sehari-hari. Pembelajaran daring adalah kegiatan belajar yang dilakukan menggunakan internet.

Pemerintah mengadakan pembelajaran daring untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19 di indonesia dengan tidak berkerumun banyak orang, menjaga jarak, tetap mematuhi protokol kesehatan saat keluar dari rumah.Pandemi yang masih berlangsung memaksa mahasiswa harus ikut beradaptasi dengan keadaan masa kini. Adanya peraturan pemerintah yang melanggar seluruh pendidikan untuk belajar tatap muka, membuat mahasiswa beralih belajar secara daring dirumah masing-masing sebagai solusi untuk tetap mendapatkan ilmu. Adapun media sosial yang digunakan untuk pembelajaran dapat melalui zoom, lensa unisa, g.meet, grup whattsapp, dan youtube.

Sistem pembelajaran daring merupakan pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara dosen dan mahasiswa ,tetapi dilakukan melalui online yang menggunakan jaringan internet . Sistem pembelajaran dapat dilaksanakan melalui perangkat komputer, laptop dan handphone yang terhubung dengan jaringan internet yang stabil. Dengan media zoom dan g.meet dapat mempermudah kita berkomunikasi dengan dosen dan mahasiswa lainnya, mendapatkan ilmu pada mata kuliah tertentu selama pandemi akan tetapi sangat tidak efektif apabila terkendala sinyal tidak bagus di wilayah tempat tinggal kita. Dengan adanya daring siswa diharapkan mendapat ilmu yang sama dengan belajar tatap muka, namun lebih rileks karena kegiatan belajar-mengajar dilaksanakan di rumah sendiri. Kuliah daring juga mengajarkan mahasiswa di perkuliahan untuk disiplin, tepat waktu dalam mengerjakan tugas, menjaga perilaku baik dengan teman maupun dosen,bertanggung jawab atas tugas yang dosen berikan untuk dikerjakan dan dikumpulkan dengan tepat waktu.

Berdasarkan manfaat media sosial diatas, maka kampus unisa belajar secara daring yang menjadi solusi yang tepat untuk mendapatkan ilmu pada masa pandemi Covid-19 berlangsung, walaupun terkadang proses belajar secara daring koneksi internet antar wilayah tidak merata bagus yang akan menjadi kendala. Kampus unisa yogyakarta telah melakukan pembelajaran daring dan juga luring, pada pembelajaran luring hanya untuk praktikum saja untuk teori mata kuliah masih tetap dilakukan secara daring. Mahasiswa yang melakukan pembelajaran daring harus melakukan rapid test antigen untuk membuktikan bahwa negatif Covid-19. Semoga pandemi Covid-19 cepat berlalu dengan seiring dengan new normal yang telah diberlakukan oleh pemerintah. Sehingga pembelajaran dapat dilakukan secara tatap muka untuk mempermudah seluruh mahasiswa  dalam pembelajaran supaya dapat dipahami.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan