Mohon tunggu...
Regita Cahyani
Regita Cahyani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Hobi : mendengarkan musik, memasak, olahraga

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN Tematik Mahasiswa UPI 2022 dalam Pembelajaran Kosa Kata dan Pengadaan Buku Bahasa Asing

9 Agustus 2022   17:43 Diperbarui: 9 Agustus 2022   17:59 68 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Minggu (17/07/2022) Kelompok Kecil KKN Tematik 109 Mahasiswa dari Universitas Pendidikan Indonesia telah melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata yang berlokasi di RT 07 RW 05 Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok. Kegiatan tersebut berupa pembelajaran kosa kata bahasa asing kepada anak-anak dan pengadaan buku bahasa asing. 

Tidak hanya belajar kosa kata bahasa, tetapi juga ada kegiatan bermain dan melakukan praktikum sederhana. Mengapa memilih tema pembelajaran kosa kata bahasa asing ini karena bahasa asing sudah menjadi mata pelajaran wajib yang ada di sekolah. 

Selain itu, masih ada anak yang belum paham akan pentingnya mempelajari bahasa asing melalui kosa kata dan membaca buku. Karena setelah ditelusuri lebih dalam, anak-anak di daerah ini memang sudah jarang membaca buku karena menurutnya membaca buku adalah hal yang membosankan.

Hal inilah yang menjadi dasar berdirinya Pojok Kreativitas Masyarakat oleh para mahasiswa Kelompok Kecil KKN Tematik 109 Universitas Pendidikan Indonesia di Kelurahan Curug untuk mengadakan program taman baca sekaligus sarana bermain anak-anak agar bisa meningkatkan kemampuan membaca dan diharapkan dapat mengurangi intensitas penggunaan gadget setiap hari nya. 

Salah satu penyebab jarangnya anak-anak dalam membaca buku dipengaruhi oleh penggunaan gadget yang tak terjadwal.  

Beberapa anak ada yang sudah menguasai beberapa kosa kata bahasa asing, seperti contohnya kosa kata tentang warna, angka, kendaraan, dsb. Adapun media-media pendukung pembelajaran kosa kata ini adalah melalui flash card yang terdiri dari 3 bahasa yakni bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan juga bahasa Arab. 

Lalu beberapa buku cerita bahasa Inggris dan buku lainnya. Anak-anak terlihat antusias menjawab ketika di tes melalui beberapa kartu yang ditanyakan. Tidak hanya pembelajaran kosa kata saja, melainkan terdapat kegiatan berupa pengadaan buku bahasa asing yang di mana buku ini juga bisa menjadi acuan anak-anak untuk belajar bahasa asing lebih dalam.

Pojok Kreativitas Masyarakat sendiri merupakan nama taman baca yang didirikan oleh mahasiswa Kelompok Kecil KKN Tematik 109 Universitas Pendidikan Indonesia di Kelurahan Curug Kota Depok ini. Tidak hanya pembelajaran kosa kata bahasa asing dan pengadaan buku, tetapi ada banyak kegiatan edukasi lainnya seperti membaca, melukis, bermain alat edukasi, dll. 

Tujuan didirikannya Pojok Kreativitas Masyarakat ini adalah untuk menghimpun serta menjadi fasilitas untuk anak-anak dalam membaca dan berkreasi sesuai yang mereka inginkan. Terdapat pula kegiatan praktikum sederhana yang diikuti kalangan usia 4-9 tahun juga alat-alat yang digunakan pun sudah dipertimbangkan keamanannya. 

Tempat diadakannya pun bertempat di aula serba guna yang letaknya juga tergabung dengan masjid. Maka dari itu, setelah anak bermain dan belajar, mereka diarahkan untuk melaksanakan ibadah karena sebisa mungkin tidak lupa melaksanakan ibadah. Kegiatan PKM ini bekerja sama dengan pihak karang taruna wilayah Kelurahan Curug Rt 07 Rw 05 untuk membantu mengkoordinir anak-anak agar datang ke PKM. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan