Mohon tunggu...
Regista Kaban
Regista Kaban Mohon Tunggu... Administrasi - Mahasiswa

Saya Mahasiswi semester akhir di salah Universitas Negeri di Pulau Jawa. Saya mengambil Jurusan Ilmu Ekonomi. Kegemaran saya adalah membaca novel dan travelling.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Visualisasi Data dengan Pembaharuan Infografis di Kelurahan Kembangarum oleh Mahasiswa KKN UNDIP

11 Agustus 2022   10:22 Diperbarui: 11 Agustus 2022   10:52 64 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Semarang (28/07/2022), - Data dapat diartikan sebagai kumpulan informasi yang diperoleh dari suatu pengamatan berupa angka, lambang atau sifat yang dapat memberikan suatu gambaran mengenai suatu keadaan atau persoalan suatu wilayah, daerah maupun negara. Data yang baik adalah data yang bisa dipercaya kebenarannya, tepat waktu, akurat dan mencakup ruang lingkup yang luas. Sedangkan kependudukan atau demografi meliputi ukuran, struktur dan distribusi penduduk serta bagaimana jumlah penduduk berubah setiap waktu karena kelahiran, kematian, perpindahan dan kedatangan. Maka dapat disimpulkan bahwa data kependudukan adalah suatu tampilan data penduduk yang berbentuk resmi maupun tidak resmi yang diterbitkan oleh badan-badan pencatatan kependudukan (baik instansi pemerintah maupun non-pemerintah) dalam berbagai bentuk baik dalam gambar, angka dan lain-lain.

Berdasarkan observasi yang telah dilakukan, terdapat data kependudukan di Kelurahan Kembangarum yang tidak lengkap dan tidak sinkron karena data yang ditampilkan tidak up to date. Karena ada beberapa penduduk lebih memilih untuk mendaftar di Dukcapil terlebih dahulu dibandingkans di Kantor Kelurahan Kembangarum dengan berbagai alasan tertentu seperti lebih terjamin jika mendaftar di Dukcapil. Permasalahan lainnya yaitu adanya kesalahan dalam pencatatan nomor pembukuan sehingga menambah kesulitan dalam menbuat data kependudukan yang akurat.

Program ini dibuat untuk membantu petugas dalam membuat pembukuan dan infografis terbaru mengenai data kependudukan seperti data jumlah penduduk berdasarkan profesi, jumlah penduduk berdasarkan usia, dan jumlah penduduk berdasarkan tingkat pendidikan. Program ini dilakukan dengan membantu petugas dalam mengelompokkan data terlebih dahulu, kemudian me-input data kependudukan dan memperbaharui data lama menggunakan bantuan software Microsoft Excel di Kantor Kelurahan Kembangarum.

Gambar 1. Proses Melakuan Pendataan - Dokpri
Gambar 1. Proses Melakuan Pendataan - Dokpri
Gambar 2. Hasil Infografis - Dokpri
Gambar 2. Hasil Infografis - Dokpri

Dengan adanya program ini diharapkan Kantor Kelurahan Kembangarum memiliki visualisasi data yang lengkap, sinkron, akurat, dan up to date sehingga mempermudah penduduk yang memiliki keperluan dan memudahkan dalam membuat keputusan terkait pengembangan ekonomi Kelurahan Kembangarum.

Penulis : Regista Klaudia br Kaban

DPL : Dr. Noer Abyor Handayani, S.T., M.T

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan