Mohon tunggu...
Regina Phasya
Regina Phasya Mohon Tunggu... Mahasiswi

"writing is a way of talking without being interrupted."

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Menyikapi Liburan Jelang Akhir Tahun (Masih) dalam Masa Pandemi

19 Desember 2020   03:29 Diperbarui: 19 Desember 2020   03:42 187 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menyikapi Liburan Jelang Akhir Tahun (Masih) dalam Masa Pandemi
Dokumentasi Pribadi (Putri Aulia)

Sabtu, 12 Desember 2020 – Hari Raya Natal dan Tahun baru selalu identik dengan sejumlah perayaan besar seperti kumpul bersama hingga penyusunan rencana liburan akhir tahun dengan keluarga. Adanya momen liburan akhir tahun selalu dimanfaatkan untuk menghabiskan waktu serta menghadirkan quality time yang biasanya sulit didapatkan bagi kebanyakan orang.

Rupanya, liburan akhir tahun ini ‘sedikit’ memiliki perbedaan dengan liburan pada tahun-tahun sebelumnya. Selain adanya pemangkasan cuti bersama sebanyak 3 hari, keistimewaan lainnya ialah kehadiran pandemi Covid-19 sebagai tamu yang tidak diharapkan yang masih saja singgah hingga saat ini seakan tak ingin beranjak dari Negeri kita.

Lonjakan kasus Covid-19 sebanyak 1.690 bahkan dilaporkan beberapa hari lalu yang dinilai terjadi akibat banyaknya kerumunan pada tempat-tempat wisata dan taman hiburan juga tercatat sebagai kasus harian paling tinggi sejak laporan kasus pertama pada Maret silam.

Kejenuhan masyarakat untuk tetap di rumah merupakan indikasi dari mulai banyaknya aktivitas luar rumah yang kembali mereka jalani, bahkan kaum muda-mudi mulai meninggalkan imbauan untuk menjaga anjuran 3M (pakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) demi terlihat keren, hebat dan kebal penyakit. Kembali aktifnya aktivitas luar ruangan yang dilakukan tidak menutup kemungkinan terbukanya cluster baru liburan panjang terlebih menjelang liburan akhir tahun nanti.

Industri ekonomi sektor hiburan dan wisata yang banyak terkena imbas dari hadirnya pandemi melakukan ekspansi guna menghidupkan kembali usaha dan jasa miliknya yang sempat mati salah satunya dengan memberikan potongan harga (discount), voucher belanja serta penawaran menarik lainnnya seperti pengadaan give away yang dikomunikasikan melalui akun media sosial yang mereka kelola.

Sebut saja salah satunya Taman Impian Jaya Ancol (TIJA) yang membagikan 10 tiket bagi 5 orang pemenang pada Sabtu, (05/12/20) melalui akun twitter @ancoltmnimpian. Diketahui akun media sosial TIJA baik twitter maupun instagram mereka terhitung kerap mengadakan give away terlebih ketika telah memasuki bulan Desember yang merupakan penghujung atau bulan penutup tahun.

Menariknya, persyaratan yang diajukan oleh TIJA tergolong cukup mudah, yakni dengan hanya membalas tweet dari akun twitter TIJA (@ancoltmnimpian) kemudian menyertakan nama pribadi dan nama lain atau partner untuk diajak melihat pertunjukan di Ocean Dream Samudra, Ancol beserta alasannya.

Saat pengumuman diberitahukan, admin akan mengirimkan tiket elektronik melalui direct message Twitter yang telah disesuaikan dengan reservasi sesuai keinginan pribadi. Ternyata masyarakat masih memiliki antusiasme tinggi berkaitan dengan rekreasi bahkan sebelum liburan ‘sebenarnya’ (liburan akhir tahun) dimulai.

Pengunjung Ocean Dream Samudra didominasi oleh para orang tua yang membawa anak-anaknya. Semua atraksi yang terdapat didalamnya tetap beroperasi kecuali Cinema 5D yang sedang dalam pemeliharaan juga perbaikan, ujar Putri Aulia Ferdiyani selaku salah satu pengunjung Ocean Dream Samudra, Ancol.

“Semua orang tetap liburan seperti biasanya disana, cuma bedanya semua orang pakai masker dan menjaga jarak. Kemudian untuk interaksi antar manusia dengan hewan ditiadakan, jadi kita belum bisa untuk mencium lumba-lumba sambil mengambil foto dan sebagainya” tambah Putri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x