Mohon tunggu...
Regina and Literacy
Regina and Literacy Mohon Tunggu... Lainnya - Gerakan Literasi Sekolah

Perkenalkan, kami dari SMA Regina Caeli. Kami menggunakan wadah Kompasiana untuk menjadi platform kami dalam berliterasi, salah satunya dengan menulis. Tulisan-tulisan di website ini adalah karya peserta didik di SMA Regina Caeli dan telah terlebih dahulu dibaca dan di-edit oleh koordinator gerakan literasi SMA, yaitu Jenny Erfina Saragih. Terima kasih, sudah bersedia membaca dan berkomentar. Salam literasi!

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Surat Terbuka untuk Presiden: Guru Harus Berkualitas

18 Agustus 2022   08:46 Diperbarui: 6 September 2022   13:09 220
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Cileungsi, 11 Agustus 2022

Pak Presiden yang terhormat,

Perkenalkan, nama saya Yoga. saya adalah siswa SMA. Dalam rangka perayaan hari kemerdekaan ke-77, Republik Indonesia kita yang tercinta ini, saya menulis surat ini untuk menyampaikan harapan-harapan saya sebagai pelajar muda Indonesia.

Saya sebagai pelajar, telah merasakan secara langsung dampak pendidikan bagi generasi muda. Saya sedang merasakannya sekarang. Masalah pokok yang saya ingin ajukan adalah mengenai kualitas pendidikan. 

Kualitas pendidikan tentu saja dapat diukur dari berbagai faktor seperti kualitas guru, kualitas materi, sistem kurikulum, fasilitas, dll. Dari faktor-faktor tersebut saya melihat Indonesia masih banyak yang kurang memadai.

Contoh yang paling besar adalah mengenai guru. Selama bertahun-tahun saya belajar, saya sering melihat guru saya sailing berganti, bahkan hampir setiap tahun. 

Apakah karena mereka menjadikan mengajar sebagai sampingan (prioritas rendah) atau apakah mereka sebenarnya memang tidak terpanggil untuk mengajar. Saya memang tidak mengetahui secara Kelas.

Namun, berikut Berber apa faktor yang saya refleksikan, yaitu yang pertama karena kurangnya pengetahuan untuk menjadi guru, kedua karena gaji yang kurang, dan ketiga profesi mereka kurang dihargai, dll. Oleh karena itu, saya memiliki harapan agar Indonesia memiliki sistem guru yang unggul dan berkualitas.

Saya mengusulkan untuk memprofesionalkan guru, memberi pendidikan formal menjadi guru dan menaikkan standar gaji guru. 

Meningkatkan kualitas guru secara general akan memberi kehormatan bagi profesi guru yang mereka perlukan, selain itu juga menyisihkan orang-orang yang benar-benar ingin dan menghayati menjadi guru. Peningkatan gaji juga menjadi motivasi dan kompensasi untuk menjadi guru yang terbaik dan profesional. 

Saya menarik inspirasi untuk ini dari para guru di Eropa terutama Finlandia. Saya berharap Indonesia dapat menjadi negara yang lebih maju karena transformasi pendidikannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun