Mohon tunggu...
Regina VerginiaPuninggar
Regina VerginiaPuninggar Mohon Tunggu... S1 Gizi

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Asal-usul Adanya Ejaan Bahasa Indonesia, Kedudukan, dan Fungsinya

29 Oktober 2020   20:26 Diperbarui: 29 Oktober 2020   20:31 23 1 0 Mohon Tunggu...

Di Indonesia kedudukan merupakan hal yang sangat penting sehingga mempunyai peran bangsa Indonesia untuk maju, oleh karena itu bahasa juga merupakan peran penting yang harus digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Seiiring berjalannya waktu masih terdapat ejaan yang belum sempat atau belum di sempurnakan oleh pemerintah pada jaman dahulu. Sehingga masyarakat Indonesia masih sering menggunakan bahasa ejaan seperti jadoel, djaja dan lain sebagainya. 

Karena di jaman yang serba modern untuk saat ini dan dengan adanya kehidupan yang canggih maka ejaan tersebut sudah tidak lagi dipakai, adapun yang masih dipakai namun tidak semua hanya beberapa saja yang menggunakan kalimat tersebut contohnya seperti penjual kue khas jaman dahulu yang masih sering menggunakan ejaan lama tujuan tersebut untuk mengetahui bahwa jaman dahulu terdapat ejaan yang belum disempurnakan, 

karena di era serba canggih seperti saat ini semakin berkembangnya jaman orang-orang sudah menemukan bahasa dengan kalimat yang tidak lagi menggunakan ejaan lama. Hal ini menunjukkan bahwasannya Indonesia telah maju dan komunikasi berbahasa Indonesia berperan penting dengan tujuan untuk masyarakat yang sering menggunakan bahasa Indonesia antar sesama daerah atau sesama kota lainnya. 

Dengan begitu bahasa Indonesia ini harus terus kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti dilingkungan ataupun dimana saja. Meskipun ejaan lama sudah jarang sekali dipakai di era seperti ini kita tidak boleh melupakan ejaan tersebut, karena setidaknya kita harus mengetahui darimana perkembangan untuk saat ini sebelum adanya ejaan yang menggunakan kalimat baru tidak lagi menggunakan ejaan yang lama dikehidupan sehari-hari.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x