Mohon tunggu...
Reformana Dua
Reformana Dua Mohon Tunggu... Editor - 101190245 / HKI I

uhuyy

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Tinjauan Bitcoin atau Uang Digital di Zaman Modern Dalam DSN-MUI dan Perusahaan Artabit

1 Desember 2021   20:19 Diperbarui: 1 Desember 2021   20:31 48 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Latar belakang

Hakikatnya yaitu uang adalah sesuatu yang digunakan untuk media pertukaran dan alat pembayaran yang sah dalam bertransaksi dengan memenuhi kriteria tertentu yang ditetapkan oleh undang-undang di suatu negara. Sebelum menciptakan uang, untuk bertransaksi, manusia menggunakan barter dalam perdagangan mereka. Meskipun begitu, sangat sulit untuk mendapatkan orang yang memiliki kepentingan sama dalam pertukaran barang dan jasa tersebut. Uang pada masa yang lalu dengan masa sekarang sangatlah berbeda dari segi bentuk, bahkan nilainya, akan tetapi masih juga memiliki fungsi yang sama. Bentuk-bentuk uang pada saat ini seperti koin, kertas, dan ada yang berbentuk digital atau elektronik yang menjadi tanda bahwa perkembangan teknologi kita sekarang semakin pesat. Uang digital ataupun uang elektronik ini adalah sarana yang dapat dijadikan sebagai alat pembayaran atau alat pertukaran yang sah dalam bertransaksi melalui internet. Karena bentuknya bitcoin yang bersifat digital dan elektronik, maka dari itu tidak dapat diraba atau dirasakan. Bitcoin adalah mata uang yang terencana yang dikelola oleh teknologi peer-to-peer dan tanpa adanya otoritas pusat. Semua fungsinya berjalan menggunakan sistem dan teknologi. Pada tahun 2009 Satoshi Nakamoto membuat bitcoin yang bertujuan untuk memperoleh mata uang yang baik dan tidak dikontrol oleh pemerintah atau bank sentral. Pemerintah saja telah dikuasai oleh orang-orang yang korupsi bekerja hanya demi keuntungan diri sendiri, sehingga keputusan-keputusan finansial selalu berpihak kepada konglomerat.
Pembahasan

Mekanisme Pertukaran Uang yaitu yang Berbasis Bitcoin di Perusahaan Artabit
Artabit berasal dari kata artha = uang, harta (bahasa sansekerta) dan Bit yang diambil dari kata Bitcoin. Artabit yaitu sebuah perusahaan online resmi yang terdaftar dalam bentuk PT di bawah naungan hukum dan undang-undang di Indonesia. Artabit yaitu pasar bitcoin pertama yang dibuat sebagai solusi untuk pembayaran terbaik dengan basis Bitcoin melalui system jaringan data.Layanan Artabit ada 4 hal, antara lain :

a.Market maker Bitcoin menggunakan rupiah

b.Transfer dana dengan basis Bitcoin network atau jaringan

c.Sistem pembayaran menggunakan Bitcoin dan rupiah

d.Belanja online dengan menggunakan dana Bitcoin dan rupiah.

Layanan pembayaran online sudah sangat banyak di Indonesia. Namun, belum ada yang seperti Artabit tawarkan. Mereka memiliki sebuah alasan yang sangat logis mengapa menggunakan bitcoin network sebagai basis. Teknologi ini canggih bisa sebagai alat pembayaran elektronik yang meyakinkan bahwa artabit menjadikannya sebagai dasar.

1) Rupiah Based
Memberikan kemudahan bagi setiap pengguna di Indonesia dengan mata uang rupiah tanpa harus bersusah payah menukarnya dengan dollar, euro, dan mata uang utama lainnya. 

2) Easy Transfer
Bitcoin sudah tersedia secara global dan telah digunakan hampir di seluruh dunia. Dengan jangkauan global membuat transfer menjadi sangat mudah, cepat, dan aman.

3) Merchant Friendly
Pedagang sangat menyukai bitcoin karena lebih cepat dan murah dibandingkan dengan paypal atau credit card, untuk mengurangi resiko, untuk mengurangi kerepotan, biaya yang dikeluarkan lebih murah, dan tidak ada resiko penipuan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan