Mohon tunggu...
Refni Adesia Pradiarti
Refni Adesia Pradiarti Mohon Tunggu... Refni Adesia Pradiarti

Mathematics UM'18

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN Sinambung UM 2021 Peduli Pendidikan Anak di Desa Pagaratu

9 Mei 2021   19:17 Diperbarui: 9 Mei 2021   19:50 103 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN Sinambung UM 2021 Peduli Pendidikan Anak di Desa Pagaratu
Gambar 1. Bimbel bagi Anak-anak SD di Desa Pagarbatu (Dokpri)

Pandemi Covid 19 tidak menjadi penghalang bagi Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) dalam menjalankan salah satu Tridarma Perguruan Tinggi yaitu "Pengabdian Kepada Masyarakat". Melalui Kegiatan Kuliah Keja Nyata jenis sinambung mahasiswa diberikan tantangan tersendiri untuk melakukan tugas pengabdiannya pada masyarakat. KKN Sinambung merupakan salah satu jenis KKN Reguler UM yang dilakasanakan setiap akhir pekan (Jumat s/d Minggu). Pada Semester Genap 2020/2021 KKN Sinambung UM kali ini dilaksanakan pada tanggal 19 Februari s/d 6 Juni 2021, serta diselenggarakan pada beberapa lokasi desa yang sudah bekerjasama dengan UM. 

KKN Sinambung UM 2021 ini merupakan KKN edisi covid-19 yang dilaksanakan secara online bagi mahasiswa yang berada diluar malang. Refni, mahasiswa jurusan matematika angkatan 2018 ini contohnya. Ia melaksanakan kegiatan KKN edisi covid-19 secara online dari rumah. Menjalankan program pengabdian masyarakat mengharuskan mahasiswa menyumbangkan ide kreatif dan inovatif untuk mengembangkan Desa dengan beberapa program kegiatan. Salah satu program kegiatan yang dilakukan Refni adalah bimbel bagi anak SD disekitar lingkungan tempat tinggalnya yaitu di Desa Pagarbatu, Kec. Saronggi, Kab. Sumenep pada mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa contohnya pada pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, IPA, Bahasa Indonesia, dan mata pelajaran lainnya yang semenjak diberlakukan K-13 disatukan dalam buku Tematik

Gambar 2. Bimbel Tematik pada Materi Bahasa Indonesia (Dokpri)
Gambar 2. Bimbel Tematik pada Materi Bahasa Indonesia (Dokpri)

Semenjak sekolah dilaksanakan secara daring dikarenakan adanya covid-19, anak-anak sering merasa kesulitan dengan adanya tugas yang diberikan oleh guru yang bersangkutan tanpa mengerti dan memahami materi yang dikerjakan. Oleh sebab itu, Refni berinisiatif melaksanakan bimbel bagi anak-anak disekitar rumahnya agar siswa tetap dapat memahami materi dengan baik dan mengerjakan tugas dengan tepat.

Gambar 3. Bimbel Tematik pada Materi PKn (Dokpri)
Gambar 3. Bimbel Tematik pada Materi PKn (Dokpri)

Dengan adanya bimbel yang dilaksanakan setiap hari sabtu dan minggu (kondisional) ini harapannya siswa dapat tetap bersemangat dalam belajar dengan pembelajaran yang menyenangkan ditengah pembelajaran daring selama pandemi covid-19 ini.

Penulis : Refni Adesia Pradiarti - Mahasiswa KKN Sinambung UM 2021

VIDEO PILIHAN