Mohon tunggu...
Refi Mariska
Refi Mariska Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswi

mahasiswi pendidikan biologi UIN Walisongo Semarang yang masih mencari jati diri dan tertatik dengan berbagai hal yang unik

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pentingnya Mata Kuliah Psikologi Pendidikan Demi Menyiapkan Calon Guru Kompeten di Indonesia

4 Desember 2021   01:01 Diperbarui: 4 Desember 2021   01:09 143 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
gambar dari : gokampus

Sebagai seorang mahasiswa khususnya prodi pendidikan tentunya sudah tidak asing dengan mata kuliah yang satu ini, ya, mata kuliah psikologi pendidikan. Mata kuliah psikologi pendidikan adalah salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh seorang mahasiswa jurusan pendidikan dalam menempuh bangku perkuliahannya. 

Mata kuliah ini menjadi sangat penting karena ini menyangkut sikap profesionalitas seorang pengajar, dan setiap mahasiswa jurusan pendidikan tentunya diharapkan menjadi pendidik yang profesional seperti itu.

Menurut Sujanto (1985) pengertian dan definisi dari psikologi pendidikan dapat dilihat dalam 2 perspektif yaitu etimologi dan terminologi. 

Secara etimologi "Psychology" berasal dari 2 kata Yunani Psyche" yang berarti roh atau jiwa dan "logos" yang berarti ilmu. Dan secara terminologi psikologi artinya ilmu yang menelidiki atau mempelajari pernyataan-pernyataan. 

Kemudian pendidikan menurut Sudirman (1992) berasal dari bahasa Yunani "Pedagodie" yang "bimbingan yang diberikan kepada anak". 

Secara terminologi sendiri pendidikan adalah usaha yang dilakukan seseorang atau sekelompok orang agar menjadi dewasa atau mencapai tujuan hidup dan penghidupakn yang lebih tinggi dalam arti mental.

Dalam melakukan proses belajar mengajar seorang pendidik yang menyampaikan ilmu kepada peserta didik harus memahami karakteristik para peserta didiknya. 

Hal ini diharapkan agar proses penyampaian ilmu dapat berjalan dengan baik dan peserta didik dapan memahami ilmu sesuai dengan tujuan pembelajaran. 

Oleh karena itu penting adanya bagi seorang mahasiswa pendidikan untuk mempelajari ilmu psikilogi. 

Namun, ilmu psikologi yang wajib dipelajari oleh seorang calon guru adalah psikologi yang terkhusus untuk mempelajari karakteristik pesearta didik dan meteode pembelajaran yang patut digunakan. Cabang ilmu psikologi ini disebut psikologi pendidikan. 

Jadi bisa dikatakan kalau psikologi pendidikan adalah cabang ilmu psikologi yang mempelajari metode pembelajaran pada anak.

Tujuan seorang mahasiswa pendidikan mempelajari psikologi pendidikan adalah untuk memahami dan memperkuat proses pembelajaran, mahasiswa pendidikan yang kelak menjadi seorang pendidik harus mampu untuk membangun situasi mengajar yang nyaman dan menyenangkan bagi peserta didik. 

Memahami karakter dari masing-masing anak di kelas dan melihat potensi setiap peserta didik dalam proses pembelajaran.  Hal ini dimaksudkan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan dengan cara yang terbaik. 

Pentingnya psikologi pendidikan dalam proses pendidikan sebab dalam proses belajar sendiri manusia memiliki karakteristik perolaku, kepribadian, minat, dan juga motivasi yang berbda-beda. 

Cara seseorang berfikir, merimajinasi dan aspek lainnya ternyata tidak dapat dipukul rata. Seorang pendidik harus bisa memahami tiap karakteristik peserta didiknya tersebut. 

Dalam suatu kelas bisa jadi terdiri dari siswa yang heterogen dan memiliki kebpribadian yang sangat jauh berbeda. 

Guru harus mampu memahami semua karakteristik peserta didik yang ada dalam kelas dan menentukan metode pembelajaran yang dipersonalisasi kepada karakter msing-masing peserta didik. 

Namun selain pembelajaran indvidual, seorang guru juga harus mampu menyusun pembelajaran kelompok antar peserta didik yang memiliki kepribadian yang berbeda tersebut. 

Dalam kelas juga bisa jadi terdapat peserta didik yang memiliki gejala gangguan atensi dan kesulitan belajar. 

Guru yang telah dibekali dengan materi psikologi pendidikan tentunya lebih mampu untuk memberikan solusi bagi peserta didik tersebut.

Dengan mempelajari psikologi pedidikan guru diharapkan dapat melewati berbagai pertimbangan psikologis seperti menetapkan tujuan pembelajarn yang tepat, memilih strategi pembelajaran yant tepat. guru juga diharapkan mampu memberi bimbingan konseling bagi siswa, guru harus bisa menjadi tempat yang nyaman bagi siswa. 

Selain itu guru juga harus bisa memberikan motivasi pembelajaran bagi siswa dan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Dan yang tidak kalah penting seorang guru harus bisa menilai hasil belajar peserta didik degan baik.

Karena mempertimbangkan berbagai hal itulah alasan mengapa mata kuliah psikologi pendidikan menjadi sangat penting bagi mahasiswa jurusan pendidikan. 

Dengan mempelajari psikologi pendidikan mahasiwa yang kelak akan menjadi seorang pengajar diharapkan mampu untuk menjadi figur guru ideal bagi peserta didiknya. 

Mampu menjadi sosok guru yang bukan hanya sekedar memberikan materi tetapi juga memberikan motivasi dan dorongan belajar kepada peserta didik, serta dapat memahami dan memberikan metode pembeajaran yang tepat kepada tiap-tiap peserta didik yang memiliki kerakteristik yang berbeda.


Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan