Mohon tunggu...
Rechita Shelma Rizqi
Rechita Shelma Rizqi Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Mahasiswa UPI 2019

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kegiatan Membuat Celengan dari Botol Plastik untuk Meningkatkan Minat Menabung dan Pemanfaatan Limbah Plastik pada Santri Madrasah Al-Hikmah

15 Agustus 2022   17:24 Diperbarui: 15 Agustus 2022   17:29 140 0 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kelompok 78 KKN Tematik UPI 2022, mengadakan sosialisasi tentang pentingnya menabung dan pengelolaan uang pada usia dini pada Madrasah Al - Hikmah RW. 07 Desa Mekarsari, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat pada Jumat (05/08/2022). 

Untuk mengurangi limbah plastik yang semakin meningkat, kreativitas pemanfaatan limbah plastik menjadi kerajinan adalah solusi yang baik untuk mengubah sampah plastik seperti botol bekas minuman menjadi barang yang berguna, dapat dikreasikan dan memiliki nilai estetika. Salah satunya dengan membuat kerajinan tangan seperti celengan. 

Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan minat menabung dan memberikan pemahaman tentang pengelolaan uang serta meningkatkan kreativitas Santri Madrasah Al - Hikmah.  Melatih kecakapan literasi keuangan sejak dini tentu membuat anak-anak akan mengenal konsep tentang kecakapan pengelolaan keuangan secara bijak dan mampu mengontrol pengeluaran keuangan. 

Anak-anak juga akan dilatih untuk mempunyai kemampuan dalam memahami kegiatan ekonomi dan transaksi keuangan, disamping itu anak-anak juga dibiasakan dalam mengatur pengeluaran keuangan dengan baik menurut Annisa,2018. 

Bahan bahan yang digunakan untuk membuat celengan sangat mudah didapatkan. Bahan utama seperti botol bekas minuman plastik, gunting, lem, crayon, spidol, pensil warna dan kertas warna. Sebelum melakukan pembuatan celengan, kami melakukan penyampaian materi terlebih dahulu mengenai pentingnya menabung dan cara membuat tabungan dengan kreasi botol plastik, kemdudian kegiatan pembuatan celengan di dampingi oleh mahasiswa KKN Kelompok 78. 

Dokpri
Dokpri

Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari ketua Madrasah Al - Hikmah RW.07 Desa Mekarsari, Kecamatan Ngampah, Kabupaten Bandung Barat. 

Kelompok 78 KKN Tematik UPI 2022 berharap dengan adanya kegiatan ini, santriwan dan santriwati Madrasah Al - Hikmah dapat meningkatkan kreativitas dan minat untuk menabung serta memberikan manfaat yang optimal bagi semua pihak khususnya santriwan santriwati Madrasah Al - Hikmah baik pada anak yang sudah berpengalaman melakukan kegiatan pengelolaan uang dengan menabung maupun pada yang belum terbiasa atau berpengalaman dalam pengelolaan uang. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan