Mohon tunggu...
Rechelin Shan
Rechelin Shan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa President University

Embrace the glorious mess that you are. -Elizabeth Gilbert

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mengikuti Organisasi untuk Mengembangkan Diri di President University

10 November 2021   12:56 Diperbarui: 10 November 2021   13:31 56 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mahasiswa (source: Gettyimages.com)

Menjadi seorang mahasiswa adalah hal yang menyenangkan. Pada tahap ini, mahasiswa dapat memilih untuk mengisi kegiatan sehari-hari di antara banyaknya pilihan yang tersedia. Mulai dari memilih program studi/jurusan kuliah, memilih untuk bergabung dengan komunitas apa, lingkungan pertemanan dan masih banyak lagi.

Namun, bagi beberapa orang kehidupan perkuliahan dapat menjadi tantangan besar karena banyaknya perubahan yang dirasakan. Tidak seperti di dunia sekolah, dunia perkuliahan memaksa para mahasiswa untuk berkembang dan menggali kemampuan serta bakat yang dimiliki secara mandiri. 

Ada beberapa tipe mahasiswa yang dapat ditemukan di setiap kampus. Ada yang fokus mengikuti kegiatan perkuliahan, ada yang sibuk berkuliah sambil bekerja demi mendapatkan tambahan uang jajan, ada yang mengikuti komunitas untuk mendalami hobi masing-masing, ada pula yang aktif menjadi bagian organisasi sambil kuliah. 

Tentunya, tidak ada yang salah menjadi tipe mahasiswa yang mana. Yang paling penting, keputusan yang di ambil terasa nyaman dan dapat dijalani sebaik mungkin dengan penuh tanggung jawab.

Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai komunitas serta organisasi yang ada di President University untuk memudahkan para calon mahasiswa yang akan memilih dan memahami komunitas serta organsisasi yang tepat.

Berdasarkan website resmi pusu.or.id, President University memiliki Club and Communities (CnC) yang disediakan untuk menjadi wadah dalam menampung bakat yang dimiliki mahasiswa dengan beberapa kategori yaitu:

  1. Art merupakan kategori club yang berhubungan dengan seni dan kreativitas. Didalamnya kalian dapat memilih ke dalam beberapa club yaitu Choir (club paduan suara), PUNICO (minat terhadap budaya Jepang), Music Community (club di bidang seni musik), Shutter (club fotografi), HANAPU (pengembangan karakter dan Asosiasi Aneuk Nanggroe Aceh), PUTER (club teater dan acting), Premiere (pembuatan film), Mr. and Ms. Foundation (icon dan role model President University), PRIME (club menari).
  2. Society merupakan kategori club yang berhubungan dengan kemasyarakatan. Didalamnya ada beberapa club yang dapat diikuti yaitu Zahirul Ma'ala (club kegiatan Islam), PUCATSO (President University Catholic Society), KMBA (Keluarga Mahasiswa Buddhis Ashokavardhana), AISEC (club terkait isu-isu dunia, kepemimpinan dan manajemen), COOL (komunitas Kristen), KMHD (Komunitas Mahasiswa Hindu Dharma), dan Charity (club yang berserk dalam bidang kemanusiaan).
  3. Sport merupakan kategori club yang berhubungan dengan kegiatan olahraga. Didalamnya terdapat beberapa club yaitu PUBA (club basket), Golferation (club golf), Merpati Putih (club silat), PBC (club badminton), Varsity (club panjat tebing), Diverventure (perjalanan gunung dan keindahan alam lainnya), Kyokushin (club karate), PUVC (club bola voli), PUFC (club futsal), dan PUTC (club tennis).

Jika memiliki minat, hobi, dan bakat yang sesuai dengan salah satu club tersebut, kalian dapat bergabung dan menjadi bagian dari komunitas itu untuk mengembangkan hobi yang dimiliki sert melatih kepercayaan diri bersama-sama dengan anggota lainnya.

Selain banyaknya club dan komunitas yang dapat dipilih, President University juga memiliki beberapa organisasi kampus yang tidak kalah seru untuk diikuti. Berdasarkan artikel yang ditulis Oleh Denis Fitzgerald, organisasi tersebut yaitu:

  1. PUSC (President University Student Council) atau lebih dikenal dengan senat. PUSC berperan sebagai mediator yang dapat diandalkan oleh mahasiswa, organisasi kemahasiswaan dan manajemen President University untuk menciptakan perubahan progresif di President University.
  2. PUSU (President University Student Union) atau BEM yang berperan untuk menampung aspirasi setiap club dan komunitas di President University.
  3. PUMA (President University Major Association) atau Himpunan Mahasiswa. Setiap jurusan yang ada di President Univesity memiliki Himpunan Mahasiswa masing-masing. Organisasi ini berperan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di President University dan menyelenggarakan acara yang berkaitan dengan jurusan making-masing. 

Tentunya, dengan mengikuti kegiatan organisasi dapat melatih kemampuan diri. Belajar bekerja dalam sebuah kelompok untuk mengadakan acara dan kegiatan, belajar mengatasi masalah dengan baik, bertanggung jawab atas jabatas yang dimiliki, serta mendapatkan pengalaman untuk memimpin merupakan beberapa hal bermanfaat yang dapat dirasakan lika kalian bergabung daam sebuah organisasi. Beberapa hal tersebut dapat menjadi sumber pengalaman yang sangat berharga bagi mahasiswa. 

Jangan khawatir jika kalian tidak memiliki pengalaman organisasi sebelumnya, karena dengan bergabung ke dalam organisasi ini menjadi tempat untuk kalian belajar bersama-sama. Yang penting kalian harus bertanggung jawab penuh dan memiliki keinginan besar untuk belajar. 

Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan