Mohon tunggu...
Alvian Fachrurrozi
Alvian Fachrurrozi Mohon Tunggu... Sastra kehidupan

Membaca sebelum berbicara

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Islam Ambivert

3 April 2021   14:48 Diperbarui: 3 April 2021   15:01 65 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Islam Ambivert
Rumi - Al-Fatih

Diakui atau tidak penghayatan spiritual memang merupakan hal yang begitu penting dan mendasar dalam kebutuhan batiniah atau unsur psikologis seseorang.

Meski begitu kesadaran dan definisi spiritual itu pun juga akan mengalami berbagai evolusi dalam per episode hidup atau setiap etape perjalanan kesadaran seseorang.

Seperti saya. Pernah saya menyakini spiritual itu hanyalah memuja aspek-aspek kegagahan yang berupa mengoleksi amalan doa-doa dari agama yang berunsur kedigdayaan, laku-laku puasa untuk kesaktian, penarikan benda-benda pusaka, melihat alam-alam ghoib, kultivasi energi, kultivasi tenaga dalam, dan semacamnya.

Lalu di episode kesadaran selanjutnya, pernah juga saya memahami jika spiritual yang real itu adalah memuja kewelas asihan ekstrim seperti vegetarian ketat, phobia menyembelih hewan, buta kesadaran politik, mempelajari dan mengimani kepercayaan-kepercayaan kuno yang lembek dan sudah tidak relevan dengan gaung zaman.

Untuk anda yang menyakini spiritualisme itu adalah memuja kegagahan saklek atau memuja kewelas asihan saklek.

Ya silahken monggo saja, tapi tolong jangan anda khotbahkan dengan getol lagi pada saya.

Jujur dengan sikap sombong, akan saya katakan jika saya sudah alumnus dari kedua ajaran semacam itu.

Spiritualisme yang saya peluk dan pahami sekarang mungkin agak rumit dan panjang untuk dijelaskan (juga hari ini saya sedang tidak mood untuk membuat tulisan yang panjang-panjang).

Oke secara ringkas saja akan saya katakan dengan gambaran simbolik, jika kompas spiritualisme saya sekarang adalah sebuah fusi, peleburan, pemanunggalan dari sosok sufi agung Maulana Jalaluddin Rumi dan sosok heroik penakluk Konstantinopel sultan Muhammad Al-Fatih.

Jadi ya bisa juga dikatakan saya sekarang adalah Islam Kiri juga sekaligus adalah Islam Kanan.

Mungkin dilihat dari situ memang sekilas aneh dan paradoks.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN