Mohon tunggu...
Casey Rebecca Tulung
Casey Rebecca Tulung Mohon Tunggu... Guru - Early Childhood Educator

I teach, I bake.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Behaviorism Theory, Manjurkah Reward and Punishment dalam PAUD?

21 November 2022   20:23 Diperbarui: 21 November 2022   20:27 84
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
GETTY IMAGES via bbc.com

Menghukum anak-anak karena perilaku buruk ada di semua sekolah. Itu mencerminkan bagaimana masyarakat bekerja dan mengajarkan mereka bahwa setiap tindakan ada konsekuensinya. 

Namun, anak-anak masih berkembang dan pertama-tama harus memahami perilaku apa yang dapat atau tidak dapat diterima sebelum mereka dapat dihukum karenanya.

Bayangkan Anda telah memberi tahu sekelompok anak bahwa mereka masing-masing hanya akan memiliki 2 permen agar adil. Jika seorang anak mengambil milik orang lain juga, Anda dapat merujuk kembali ke pernyataan awal Anda, lalu menghukum anak tersebut jika Anda anggap perlu. Yang penting adalah memberikan penjelasan yang jelas tentang hukuman tersebut, sehingga anak dapat mengasosiasikannya dengan perilaku buruk.

Guru bekerja untuk memahami apa yang menyebabkan perilaku buruk pada seorang anak karena terkadang mengarah ke masalah yang lebih dalam yang membutuhkan perhatian daripada hukuman. Hari-hari ini, kami jelas menjauh dari hukuman fisik. 

Dalam kasus perilaku buruk, waktu menyendiri saat istirahat atau sepulang sekolah berfungsi sebagai kesempatan untuk refleksi dan masa tenang; penahanan yang diberikan untuk pekerjaan rumah yang terlewat pada akhirnya akan membantu siswa mengambil tanggung jawab atas pembelajaran mereka sendiri.

Pada akhirnya, apa yang berhasil untuk satu anak mungkin tidak berhasil untuk anak lain, dan keberhasilan sistem pendidikan akan bergantung pada kualitas keseimbangan antara penghargaan dan hukuman, yang secara alami diberikan oleh sebagian besar guru, tanpa memandang budaya. 

Hukuman cocok untuk anak-anak yang mencari bimbingan tegas, hadiah membantu individu yang rapuh untuk berkembang. Peran orang tua, guru, dan sekolah adalah menemukan pendekatan yang tepat untuk setiap situasi tertentu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun