Wisata Pilihan

Merapi Garden Salah Satu Wisata Pertanian di Boyolali

17 September 2018   16:39 Diperbarui: 17 September 2018   16:40 5658 10 4
Merapi Garden Salah Satu Wisata Pertanian di Boyolali
dokpri

Boyolali adalah Kabupaten yang letaknya tepat disebelah utara Gunung Merapi dan di sebelah timur gunung merbabu. Letaknya yang dekat dengan lereng Merapi ini membuat Kabupaten Boyolali memiliki tanah yang subur, sehingga tak heran jika banyak ditemukan lahan pertanian serta perkebunan seperti tembakau, kopi, teh,sayuran,bunga dan jarak.

Tak hanya potensi perkebunan, Boyolali juga terkenal akan peternakan sapinya yang membuatnya menjadi penghasil susu segar terbesar di Jawa Tengah. Bahkan di Boyolali sudah terdapat pabrik-pabrik pengolahan susu. Maka jangan heran jika kota ini disebut sebagai Kota Susu.

Di boyolali juga banyak di temukan tempat wisata, dari wisata di pabrik susu , kerajinan kuningan yang berada di cepogo, dan juga pertanian.

 Selo merupakan daerah yang terletak di bagian paling barat Kabupaten Boyolali. Karena letaknya yang berdekatan dengan Gunung Merapi dan Merbabu, maka jangan heran jika tanah di kawasan ini sangatlah subur. Di kecamatan ini ada sebuah Agrowisata. Yang paling terbaru ini adalah Merapi Garden yang tidak kalah menarik dibandingkan wisata yang lainnya yang berada di selo.

Di kawasan ini juga terdapat wisata sejarah, yaitu Makam Ki Hajar Saloka sang pendiri Selo, serta Petilasan Kebo Kanigiro. Konon menurut cerita, jaman dahulu kala ada seorang prajurit dari Kerjaan Demak yang dikejar kompeni Belanda sampai terpojok di kawasan ini, sebelum akhirnya menghilang secara misterius. Sampai saat ini pula kawasan tersebut dinamakan Dukuh Pojok.

JIka kita jalan-jalan ke boyolali jangan lupa pergi ke Merapi Garden yang memiliki pemandangan yang sungguh indah yang tidak kalah sama wisata internasional. tempat wisata ini menurut saya sangat jangan  di lewatkan karena disana kita akan di manjakan dengan pemanandangan gunung merapi yang indah

dokpri
dokpri
Bukan hanya pemandangan yang indah tiket masuknya juga murah dengan cuma mengeluarkan uang Rp.5.000,00; untuk tiket masuk dan Rp.2.000,00; untuk parkir, kita sudah bisa menikmati pemandangan yang sangat indah dengan bebas, di samping itu kita juga bisa mengenal beberapa tanaman yang di tanam di Merapi Garden seperti sayuran dan juga bunga yang di tanam di sana.

                                                  

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
Selain untuk menikmati pemandangan yang di tawarkan Merapi Garden pengunjung juga bias mengerti bagaimana cara untuk bercocok tanam dengan beberapa metode dan juga mengetahui cara merawat tanaman dengan baik. Di sama juga di dukung dengan jalan yang baik sehingga mempermudah perjalanan kita ke Merapi Garden di samping itu tempatnya sangat setrategis, di sepanjang jalan juga di sediakan penginapan bagi pengunjung yang datang dari jauh.

Setelah ke Merapi Garden jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas selo yanga berada di dekat merapi garden itu juga. Ada beberapa oleh-oleh yang ditawarkan disana seperti jadah bakar yang sangat enak dan juga harganya sangat miring.

Dan juga kalau sudah mampir ke merapi garden jangan lupa mampir ketempat wisata yang lain di daerah selo, seperti gancik hill top yang berada di sebelah atas merapi graden disana juga di tawarkan keindahan alam merapi akan tetapi jalan menuju sana susah dan tinggi,  jadi kita harus jalan kaki dari parkiran sampai tempat tujuan yang lumayan jauh. dan juga ada new selo yang menawarkan ke indahan gunung merbabu dan lahan pertanian di lereng merbabu yang amat indah. Di sana kita bisa nyantai sambil menikmati segelas kopi dan pemandangan yang indah.

Itulah tempat wisata yang harus kalian kunjungi ketika di boyolali,jadi kapan kalian pergi ke Boyolali kota susu.