Mohon tunggu...
Ready Susanto
Ready Susanto Mohon Tunggu... Editor dan penulis.

Editor dan penulis. Tinggal di Bandung. Bukunya antara lain "Emotikon: Kamus Gaul Internet", "Omgz!: Kamus Slang Internet", dan "100 Tokoh Abad ke-20: Paling Berpengaruh".

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Bacaan Favorit 1980-an: Seri Margasatwa C. Bernard Rutley

27 Juni 2017   21:00 Diperbarui: 28 Juni 2017   09:52 0 1 2 Mohon Tunggu...
Bacaan Favorit 1980-an: Seri Margasatwa C. Bernard Rutley
www.goodreads.com

Salah satu buku favorit ketika saya duduk di bangku SD adalah Seri Margasatwa karya penulis Australia C. Bernard Rutley, yang mengisahkan dengan sangat menarik mengenai kehidupan hewan di alam liar. Di Indonesia serial ini diterbitkan oleh NV Masa Baru (yang kemudian menjadi Penerbit Ganaco) pada sekitar 1974 (gambar paling kiri). Belakangan seri ini juga diterbitkan oleh Penerbit Sinar Harapan (dua gambar yang di tengah).

Ternyata terdapat 14 judul buku yang merupakan bagian dari seri ini, antara lain Cakma: Perampok Liar di Bukit Karang (kera babon), Piko: Pengempang Ulung di Air Tawar (kastor), Timur: Pemburu Kejam di Rimba Raya (harimau), dan Loki: Begal Bengis di Padang Salju (serigala). Di pasar buku loak masa kini, serial ini amat sulit diperoleh. Setelah mencari kian kemari, saya mendapatkan satu judul buku Timur: Pemburu Kejam di Rimba Raya di sebuah toko buku daring pada pertengahan 2015.

Gambar paling kanan menunjukkan contoh Serial Margasatwa yang sama yang pernah diterbitkan di Spanyol oleh Penerbit Barcelona Editorial Molino pada sekitar 1940-an. Serial ini terdiri dari empat belas cerita kehidupan hewan liar yang berbeda di lingkungan habitat mereka, semua diberi ilustrasi oleh Stuart Tresilian. Judul-judulnya adalah sebagai berikut.

1. Bru, grizzly

2. Kra, baboon

3. Piko, berang-berang

4. Chag, karibu

5. Timur, harimau

6. Miska, singa laut

7. Loki, serigala

8. Gogo, penguin

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x