Kini, kita hidup dalam era Industri 4.0. Sebuah era di mana interkonektivitas, otomatisasi, pembelajaran mesin, dan real-time data menjadi landasan utama perekonomian. Keempat landasan ini memerlukan satu kerangka yang sama. Mereka memerlukan sebuah kerangka kerja yang interconnected dan mampu memberikan akses terhadap berbagai elemen dalam perekonomian (epicor.com, 2019).
Informasi yang terpercaya adalah salah satu elemen tersebut. Elemen informasi valid menjadi dasar pengambilan keputusan ekonomi yang rasional. Tanpanya, produsen dalam Industri 4.0 tidak akan mampu mengetahui kebutuhan masyarakat. Akibatnya, mereka tidak akan menjadi disruptors yang mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhannya.
Lantas, bagaimana para pelaku Industri 4.0 mendapatkan informasi tersebut? Dari pers yang bebas (free press). Sekarang, pers yang bebas tidak hanya bermain sebagai pilar demokrasi. Ia juga menjadi pilar perkembangan Industri 4.0 di negara kita. Mengapa?
Pertama, Revolusi Industri 4.0 bersifat idea-intensive. Revolusi ini bersumber dari para disruptors yang mewujudkan buah pemikirannya. Darimana buah pemikiran tersebut muncul? Tidak mungkin disruptors mendapatkannya dari mimpi di siang bolong. Mereka pasti mendapatkannya dari berbagai data dan gambaran realita, ditangkap secara tajam oleh pers yang independen dan bebas.
"Our riches were not made from piling brick upon brick, bachelor's degree on bachelor's degree, bank balance on bank balance. But by piling idea upon idea," lantas Deirdre McCloskey. Ide tersebut jelas bersumber dari pers yang bebas. Agen yang mensirkulasikan inspirasi konkret bagi disruptors.
Kedua, Industri 4.0 memerlukan media massa yang kuat untuk tumbuh subur. Coba Anda bayangkan. Bagaimana nasib GO-JEK sekarang jika platform ini tidak menerima liputan pers yang luas? Ia tidak akan menjadi unicorn seperti saat ini. Kasus ini menunjukkan pentingnya peran pers yang bebas sebagai promotor disrupsi. Liputan pers membuat masyarakat ingin mencoba ide tersebut.
Ketika masyarakat ingin mencobanya, produk disrupsi tersebut mulai mempenetrasi kehidupan masyarakat. Lantas, masyarakat pun menikmati manfaatnya. Munculnya manfaat tersebut membuat disrupsi ini makin menyebar. Baik dari mulut ke mulut maupun testimoni pengguna di media massa. Akhirnya, disrupsi tersebut berhasil merambah kehidupan kita.
Ketiga, Industri 4.0 itu sendiri sudah merambah di media massa. Ternyata, Revolusi Industri 4.0 membuat media massa semakin individualized dan independen. Citizen journalism menjadi bukti derasnya tren ini. Kini, penduduk awam bisa menjadi jurnalis "otodidak" melalui media sosial dan komunitas menulis. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Kompasiana, dan lain sebagainya.
Citizen journalism mendorong konektivitas antar anggota masyarakat. Konektivitas ini mendorong persebaran informasi dan ide dalam masyarakat. Peredaran keduanya adalah bahan dasar bagi para disruptors. Dampaknya, kemunculan disrupsi yang mendorong kekuatan Industri 4.0 semakin besar.
Penjelasan di atas menggambarkan sebuah hubungan yang berkesinambungan antara Industri 4.0 dengan kebebasan pers. Kalau Industri 4.0 adalah mobil, maka kebebasan pers adalah bensinnya. Begitulah kira-kira hubungan tersebut.