Mohon tunggu...
Rionanda Dhamma
Rionanda Dhamma Mohon Tunggu... Ingin tahu banyak hal.

Seorang pembelajar yang ingin tahu Website: https://rdp168.video.blog/ Qureta: https://www.qureta.com/profile/RDP Instagram: @rionandadhamma

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Inspirasi dari Pemimpin Wanita Revolusioner

24 Juni 2019   08:16 Diperbarui: 24 Juni 2019   08:29 0 0 0 Mohon Tunggu...
Inspirasi dari Pemimpin Wanita Revolusioner
Sumber: www.bbc.co.uk

Pembelajaran dari Thatcher: A Very British Revolution

Selama liburan ini, penulis punya waktu untuk melakukan hobi yang sangat menyenangkan; Menonton dokumenter. Setiap harinya, paling tidak ada satu dokumenter yang penulis habiskan.

 Temanya bermacam-macam. Mulai dari ekonomi, politik, sampai sejarah acara komedi. Berbagai dokumenter ini membantu penulis memahami berbagai aspek dari suatu topik. 

Tetapi, ada satu dokumenter yang sangat menginspirasi penulis. Judulnya Thatcher: A Very British Revolution. Dokumenter lansiran British Broadcasting Corporation (BBC) ini bercerita tentang jalan hidup politik seorang outsider bernama Margaret Hilda Thatcher. Mulai dari karirnya sebagai Menteri Pendidikan, sampai kejatuhannya dari jabatan Perdana Menteri Inggris

Dalam menjelaskan alur tersebut, dokumenter ini membaginya dalam lima episode. Episode pertama diberi judul "Making of Margaret" yang memaparkan pembentukan image dari Sang Wanita Besi. Selanjutnya, episode kedua berjudul "Power" menceritakan masa-masa tersulit Beliau sebagai Perdana Menteri Inggris. 

Sementara, episode ketiga bertajuk "Enemies" menceritakan upaya Beliau dalam mengalahkan musuh internal maupun eksternal. Setelahnya, episode keempat memiliki judul "That Bloody Woman" yang menggambarkan perubahan image Beliau yang menjadi semakin otokratik. Terakhir, episode kelima berjudul "Downfall" yang melukiskan tragisnya kejatuhan Beliau sebagai Perdana Menteri Inggris. 

Masing-masing episode berdurasi satu jam. Meski cukup panjang, dokumenter ini tidak membosankan sama sekali. Informasi yang diberikan juga sangat kaya dan rinci. 

Terlebih lagi, informasi-informasi ini disajikan dengan sudut pandang yang unik; Objektif dan mengandung banyak sudut pandang personal orang-orang yang mengenal Margaret Thatcher dari dekat. 

Tetapi, untuk memahami dokumenter ini, diperlukan pemahaman bahasa Inggris yang cukup mumpuni. Khususnya istilah-istilah perpolitikan Inggris yang cukup banyak digunakan dalam dokumenter ini. Hal ini memang wajar. 

Dokumenter ini mengisahkan jalan hidup politik seorang Thatcher. Jadi, kalau pembaca ingin menonton langsung dokumenter ini, siapkan kamus bahasa Inggris di dekat Anda. 

Setelah selesai menonton kelima episode dokumenter ini, penulis mengambil lima pelajaran utama tentang kehidupan dan kepemimpinan. Apa saja pelajaran-pelajaran tersebut? 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4